Selasa, 01 April 2014

Mendefinisikan Administrasi Publik




Dasar Pemikiran: Pahlawan kota Oklahoma
Rhonda Griffin pada saat itu berfikir komputernya meledak. Jadi ia dengan sangat cepat menutupi  wajahnya dengan tangannya dan nyawanya terselamatkan saat itu berkat instingnya untuk secara spontan memutar kursi kantornya kebelakang. Karena pada saat itu ia tidak menutup matanya, ia berfikir “Oh Tuhanku, komputer ini telah meruntuhkan atap kantorku”. Tapi kemudian ia menyadari bahwa lantai dibawah meja kerjanya hilang. Begitu juga dengan meja kerjanya. Ia melihat tempat dimana ia duduk tadinya, kepingan atap baja yang sangat besar bergelantungan dilangit-langit dengan hanya ditopang oleh sepotong balok. Ia lalu dengan segera menyadari kerusakan komputer itu bukanlah karena perbuatannya.
            Ledakan yang menghancurkan kantor Department of housing and urban development (depart. Perumahan dan pengembangan perkotaan) tempat ia bekerja adalah disebabkan oleh sebuah bom rakitan yang berisi lebih dari dua ton pupuk dan bahan bakar minyak.  Bom itu disembunyikan dalam sebuah bus carteran yang diparkir di depan gedung nine story yang berisi 16 agen-agen federal dari deparemen pertanian sampai adminisatrasi veteran
            Pada jam 9.02 pagi 15 paril 1995 seketika setelah lebih dari 500 pegawai pemerintahan federal sampai untuk hari kerja, bom itu meledak dan mengakibatkan kerusakan parah. Dentumannya berefek pada radiasi berkecepatan 7000 mil per jam yang tiba-tiba memporak porandakan gedung-gedung. Lebih dari 200 korban selamat di larikan ke rumah sakit dan 168 korban tewas berjatuhan akibat kejadian ini. korban tewas meliputi pegawai federal, masyarakat yang hendak mengurus urusannya di kantor ini serta 15 anak-anak yang berada di pusat penitipan anak di lantai 2 gedung ini. Satu potret yang paling mengenaskan pada tragedy ini adalah ketika salah seorang pemadan kebakaran ,Chris Flelds,yang membawa potongan tubuh korban yang baru saja meninggal, Baylee Almon, yang pada hari sebelumnya baru saja merayakan ulang tahun pertamanya.
            Seluruh elemen bangsa dikejutkan dengan betapa sebuah bom dapat menyebabkan kerusakan yang sangt besar di gedung yang sangat besar, keterkejutan yang di sebabkan oleh besarnya derita dan kekecewaanan yang dirasakan oleh rakyat Amerika atas tewasnya orang-orang yang tidak bersalah. Mereka seolah ‘menempel’ pada TV untuk mengikuti setiap perkembangan baik di drama penyelamatan maupun pada proses pengusutan tindak criminal ini.
            Actor dari kejadian ini adalah seseorang yang berfikir menyimpang bahwa semacam pembunuhan massal ini merupakan cara yang pantas untuk menunjukkan rasa ketidaksetujuannya pada pemerintahn federal. Tapi, disini juga dapat kita temui sosok-sosok pahlawan. Segera setelah terjadi ledakan banyak orag yang secar beerkerelaan datang dan membantu korban. Salah satu contohnya adalah Rebecca Anderson, seorang perwat yang berusi 37 tahun ini meninggal setelah terhimpit dari sisa-sia reruntuhan. Penyelamat lainnya yang tewas dalam kejadian ini bernama Michael Laudenslager, seorang pegawai Administrasi umum. Setelah mengeluarkan beberapa korban dari reruntuhan dia kembali lagi ke pusat penitipan anak. Dia tidak terlihat lagi, sampai di temukan 3 hari kemudian tewas di dekat tangga naik. Alat-alat berat seperti linggis di perlukan untuk menyelmatkan tubuhnya.
            Selam 2 minggu Negara ini termasuk dunia melihat gerak-gaerik tim penyelamat yang mengevakuasi korban yang terhimpit, terluka, sekarat dan yang telah tewas. Pemadam kebakaran kota Oklahoma menyelamatkan hamper semua korban.namun Ketika pemadam kebakaran dari Clintin Green Wood datang mereka memakai untuk menyelamatkan korban yang tersisa, merka menoluntuk mengerjakannya secar manual. Seorang pria kemudian memcah keheningan dan meminta Green Wood untuk menggunakan cara manual. Green Wood menjawab “ini adalah truk dari Negara,Negara memperoleh dana dari pajak yang kamu bayar. Kemudian sang pria pun menjawab “jangan berceloteh tentang pajak-pajak yang kami bayarkan lagi”. Namun ada momen –momen tertentu terlihat kesembronoan dalam proses penyelamatan. Terdapat terlalu banyak orang yag tewas dan tubuh-tubuh yang terpotong, terlalu banyak keluarga yang kehilangan anggota keluarganya, serta terlalu banyak anak-anak yang kehilangan anggota keluarga dan bahkan tidak mengerti arti kehilangan. Terdapat 30 anak anak yang menjadi yatim piatu dan 219 lainnya keilangan salah seorang orang tuanya.
            Walaupun semua korban berasal dari Oklahoma, namun seluruh negri menangisi penderitaan saudaranya. Gedeng ini bukan hannya sekedar gedung biasa.sebagai bangunan federal, bangunan ini adalah milik semua masyarakat. Orang-orang yang bekerja di dalamnya bekerja untuk rakyat. Jadi serangan biadab ini melukai seluruh negri. Semu ini karena kejadian ini terjadi di pusat kegiatan Negara. Nah ketika sesorang sudah merasa tidak aman lagi dengan kejadian seperti ini di tengah tengan negaranya,di mana lagi dia harus mencari rasa aman tersebut. pada sehari stelah terjadinay pemboman ini se;uruh media bebricara tentang “kehilangan orang-orang yang tidak bersalah” dan juga tentang peninkatan julah korban tewas.
            Ketik tiada seorangpun yang di ketemukan hidup di bawah reruntuhan setelah hari pertama, sangat musthahil sekali untuk mendapatkan informasi.di mulai pada jam 1 dini hari, pada hari kedua.tim penyelamat pertama dari ngara lainnya datang membantu, tim-tim ini di turunkan oleh agen management bahaya federal.di dalamnya termasuk 2 lusin anjing pelacak. Anjing tersebut di latih untuk menyalak apabila menemukan sesuatu yang hidup dan menggonggong ketika ia menemukan potongan tubuh
            The murah federal building, sudah tidak layak pakai lagi karena sudah mengalami kerusakan berat, dan menjadi ancaman bagi orang-orng di sekelilingnya apabila gedung tersebut runtuh. Jadi kurang dari sebulan sebelum kejadian itu bermula, perhatian dunia berpusat pada kota oklahoma
            Aksi-aksi heroic dari para penyelamat ini mendapat sorotan dari media. Cerita dari korban selamat yang di selamataka oleh para penyelamat ini teramat menyentuh hati. Media-media tersebut juga menyorot jiwa kepahlawanan, dedikasi dan pengorbana diri.namun ada satu titik yang di lewatkan oleh media-media. Mereka adalah para penyelamat ahli ternyata datang dari pegawai public. Mereka dan para aparat administrasi yang megklaim diri mereka bagian dari pemerintah. Mereka adalah wakil dari para birokrat yang di deskrippsikan oleh banyak orang sebagai orang yang bergaji terlalu besar dan tidak efisien dalam beketja.
            Tiap hari pahlawan–pahlawan ini mendapat beribu perhatian pasca pemboman kota oklohama para pedagang menjuala dagangannya secara grosi besar-besaran, yang sebelemnya mreka jual satu per satu. Ini merupakan hal biasa, jika tidak di lkakukan setiap hari, kejadian ketika seorang pemadam kebakaran menyelamatkan seorang anak dari gedung yang terbakar. Namu membawa seorang bayi yang terluka dari apa yang disebut oleh FBI sebagi serang an terburuk yang pernah di lanarkan di amerka serikat dan kamu menjadi cover news week. Poin ini adalah bukan untuk mengurang bukti-bukti haroisme di kota Oklahoma, tapi untuk menegaskan bahwa hal ini adalah bukan hal biasa.
            Penduduk dunia acapkali tetllu sering mengomentari pemerintahan merka.tetapi ketika sekai saja bencan terjadi baik yang di sebaabkan oleh alam maupun kriminaitas,tanggapan mereka tanggap terhadap bencan tersebut. misalnya ketika terjadi gempa di California, kemudian terjadi banjir di missisipi dan kemudian badai banyak sekali orang yang menjadi relawan. Namun hanya orang-orang berkemampuan khusus lah yang menyeamatkan orang dari bahaya. Dan perolongan berjangka panjang yang di butuhka oleh korban-korban bencana hanay tersedia ari pemerintah. Tiba-tiba para birokrat mwnjadi sesosok malaikat pembawa berkah. Ketika ada bahaya yag tersembunyi mereka menjadi versi modern tentara abad pertengahan dengan baju baja yang bersinar. Panggil911 dikebanyakan kota-kota di amerika dalam htungan menit, kamu akan mendapatkan pegawai negari karir yang dsstsng kedepan pintimu yang bersedia mengambi resiko kehidupannya untukm udan keluargamu. Lebih dari setengah hari-hari dalam setahun seorang polisi atua pemadam kebakarn akn meninggal karena tugasnya.
            Untuk pastinya adab banyak pahlawan di Oklahoma, namun ternyata terdapat pahlawan  di kotamu juga, banyak dari mereka yang tidak kelihatan olehmu. Pelayanan public modern memberikan banyak kesempatan kepada para pahlawan. semua sejarah, pahlawan lama di gunakan kemampuannya untuk kebiasaan baik public untuk tampil bersama tentara browess dan keberanian fisik. Dan beberapa orang yang diakui satu dari pahlwan adalah Michael anggelo, yang menjadi orang besar sebagai pahlawan dari masa renaissance di itali, yang terkaenal dengna pahatannya yang dibuat dengan alat-alat sederhana seperti pahat dan kuas. Sekarang para pahlawan tradisional seperti pemaam kebakaran dan polisi telah melakukan banyak sekali aksi –aksi heroic yang tidak terpublikasikan. Ternyata banyka sekali pahlawan-pahlawan yang tidak terlhat yang menjaga hidup kita dengan tagganya bahkan denga hidupnya.
            Perhatian merek lebih kepada kualitas hidup orang lain, sepertinya contohnya seorang guru yang menginspirasi seorang siswanya untu kmenjad orang sukses, pekerja sisoal yag menemukan rumh Yng nyanman untuk anak-ank yatim piatu, kemidian para pengembang ekonomi yang membuka lapangfan pekerjaan bagi ribuan orang kemudian seorang manager public yag menemukan program yang dpat menurunkna biay paroduksi dan menurunkan harga pajak, walaupun merka itdak pernah mengumbar aksin ya tetapi merka tetapalah seorang pahlawan. Biasanya pahylawan-pahlawan ini ada di bidang jasa public.

Definisi administrasi public
Ada sebuah adegan yang dimainkan Edmond rrostend sebagai Cyrano de Bergerac dimana seoran pahlawan degan hidug besar yang dihina degan satu tujuan oleh seseorang yang mau mempropokasinya untuk berduel. Namun hinaan si penanatang terlalu ‘ringan’ sehingga Cyrano mengajarkakn ‘kelas berat’nya. Mendefinisiak administrasi public memberikan tantangan yang saama.
            Penulis buku ini percaya bahwa tiada yang paling penting untuk mengenalkan administrasi publik selain defenisi seluas mungkin. Bagaimana lagi caranya untuk mengeksplor kekayaan dan seluk beluk defenisi tersebut. bagaimana lagi untuk merasakan signifikansi sejarahnya, aplikasi dan perkembangannya kedepan,bagaimana Lagi untuk memperoleh apresiasi untuk bab-bab teknis berikutnya, namun diskusi mengenai pengertian publik tidak terpisah dan tidak lengkap. Admistrasi public terlalu luas untuk di jadikan sebuah definisi jadi kita harus menuliskan ke 18 nya dan mengkhususkannya kepada 4 kategori :
-          Politik
-          Hukum
-          Managerial
Ke empat definisi ini di kembangkan dari 3 definsi sebelumnya yaitu –politik,- managerial dan
Yang di kemukakan oleh David H.Rosenbloom, tapi kelengkapan sebuah definisi, penulis  berada di posisi yang tidak nyaman dari tantangan Cyrano.  kita harus mengatakan bahwa
Penulis buku ini percaya bahwa tidak ada yang lebih penting dalam sebuah pengenalan administrasi public daripada mengetahui  defenisi yang  mungkin sangat luas. Bagaimana lagi menelusuri kesempurnaan dan seluk beluknya?  Bagaimana lagi menikmati nilai historical (sejarah), penerapan umum dan perkembangannya hari ini? bagaimana lagi memperoleh penghargaan untuk bidang teknik berikutnya?Namun, secara hakiki pembicaraan tentang pendefenisian ini tidaklah lengkap. Administrasi public sangatlah luas dimana tidak ada yang bisa melingkupinya dengan satu pengertian saja. Jadi kami menuliskan mereka  dalam 18 macam yang dibagi pada empat kelompok: 1)politik, 2)legal (sah), 3) managerial dan 4) occupational (pekerjaan). Secara esensial defenisi yang empat ini dikembangkan menjadi 3 macam: politik, managerial dan legal yang dipelopori oleh David H. Rosenbloom. Tetapi meskipun dengan beberapa deretan defenisi ini penulis tidaklah nyaman dalam posisi penantang Cyrano. Kita akan mengatkan lebih jika kita hanya memiliki kecerdasan.
Pengertian politik dalam administrasi public (umum)
Administrasi public tidaklah berada diluar konteks politik itu sendiri. Kontekslah yang membuat public; yang membuatnya berbeda dari privat atau administrasi bisnis. Oleh karena itu pengertian administrasi public kita focus pada politik itu sendiri.
Administrasi public adalah apa yang dilakukan oleh pemerintah.
Juru masak White House (gedung putih) sedang menyiapkan menu makan malam untuk kunjungan kepala Negara, inspektur Departemen Pertanian meneliti daging sapi di tempat penyembelihan dan ilmuwan meneliti makanan dan pengelolaan obat; berapa jumlah bulu rodent yang  secara aman dan legal ditinggalkan oleh pengolah makanan pada coklat, jagung dan keju kacang. Adalah seorang pejuang tangguh yang menyelamatkan seorang anak dari bangunan yang runtuh, seorang tukang parker meletakkan tiket pada mobilmu untuk sewa parker dan penjaga penjara melalui pembuluh darah menyuntikkan cairan mematikan ke dalam nadi pidana bersalah. Seorang astronomi menjelajah menjangkau ruang angkasa yang paling jauh, seorang dokter memeriksa kanker pada usus presiden Amerika dan seorang penjahit merayap untuk menemukan apa yang harus ditambal dari pipa polongan. Memberi stempel makanan pada orang miskin, menggadaikan potongan bunga pada pemilik rumah dan perolehan bebas pajak pada bon kotamadya untuk orang kaya.
  Di seluruh dunia, pegawai pemerinah melakukan sesuatu yang mempengaruhi kehidupan penduduknya sehari-hari. Mulai dari hal yang heroic ( seperti yang kita lihat di kota Oklahoma) sampai pada hal yang sederhana. Biasanya usaha ini berguna. Jarang yang tidak. Kebanyakan waktu administrator public Negara cendrung untuk bisnis umum, contohnya: membangun jembatan-jembatan dan jalan raya, mengumpulkan sampah, memadamkan kebakaran, membajak salju ketika dingin, membunuh nyamuk demam berdarah ketika panas dan memberikan layanan sosial pada yang kurang beruntung. Tapi di lain daerah pegawai public/umum mungkin menyengsarakan orang yang tak berdosa dan membunuh anak-anak. Ketika Amnesti Internasional menyiarkan laporan tahunan pada Negara mengenai kebrutalan dan pelanggaran hak penduduk warganya, siapa yang kamu pikir melakukan semua kebrutalan dan pelanggaran ini? tidak lain adalah administrator umum setempat. Tentunya perbuatan keji yang biasanya dikelola dalam program yang tak membahayakan harus dilakukan dengan control penduduk atau pengamanan internal. Jadi hubungan public modern berusaha mencerminkan imej yang baik terhadap kezaliman-kezaliman kuno.
Sebagai sebuah profesi, administrasi public telah mengembangkan nilai dan standar etika. Tetapi sebagai sebuah aktifitas itu tidak memiliki nilai. Hal itu mencerminkan norma budaya, kepercayaan dan kekuatan kebenaran masyarakatnya. Sederhananya, pemerintah melakukan apapun yang telah pemerintah lakukan, dalam politik dan konteks budaya apapun itu pernah terjadi. Dwight Waldo pada tahun 1955 menulis bahwa hal pertama mendesak penganalisa melihat administrative dalam lingkungannya karena hal itu memungkinkan kita untuk mengerti perbedaan-perbedaan dalam administrasi, perbedaan antara masyarakat yang akan tidak dapat dipahami jika kita membatasi pandangan tentang administrasi secara anallitis dalam hal keumuman administrasi (pengelolaan) itu sendiri. Jadi, pada dasarnya tindak administrasi yang sama bisa ditampilkan secara berbeda dalam budaya yang berbeda. demikian sebuah pemeriksaan rutin di satu Negara yang mensejajarkan permintaan sogok oleh pejabat yang korup dengan yang lain. Perbuatan yang sama juga ditampilkan secara jujur di sebuah Negara (karena budaya yang mendukung kejujuran) mungkin memperlihatkan dengan korupsi dengan yang lain (dimana budaya mendukung korupsi oleh pegawai pemerintah)
Bagaimana kejahatan yang melekat dari beberapa admistrator public disembunyikan oleh bahasa politik
menurut kami, pembicaraan dan tulisan politik adalah pertahanan dari ketidakmampuan bertahan. Jadi bahasa politik mengandung secara luas dari euphemism( kiasan halus), pertanyaan mengemis dan kekaburan redup yang transparan. Ketidakberdayaan daerah adalah ketika dibombardir dari udara, penduduk diusir ke daerah pedesaan, senapan mesin sapi, pondok dibakar dengan peluru pembakar, ini disebut dengan pengamanan. Jutaan petani dicuri sawah/ladang mereka kemudian dikirimdengan berjalan sempoyongan di sepanjang jalan dengan tidak ada yang bisa mereka bawa, ini disebut dengan pemindahan penduduk atau perbaikan batasan. Orang-orang di penjara bertahun-tahun tanpa persidangan, atau ditembak di belakang leher atau dikirim agar mati oleh penyakit beri-beri ke perkemahan kayu Arctic; ini disebut dengan penghilangan orang-orang yang tidak handal. Seperti halnya freseologi (ilmu ungkap bahasa) yangdibutuhkan jika seseorang ingin member nama benda tanpa melihat gmbaran mental mereka.
Bahasa politik……dirancang untuk membohongi kebenaran dan membunuh hal yang dihormati dan memberi sebuah rupa kerasnya angin murni.
Administrasi public adalah keseluruhan aktifitas pekerjaan sehari-hari semua dunia birokrat; apakah mereka sah atau tidak sah, mahir atau tidak mahir, patut atau hina. Ilmuwan Inggris, J.B.S. Haldene menulis bahwa alam tidaklah lebih aneh daripada yang kita duga tetapi lebih aneh dari apa yang bisa kita duga. Sesuatu banyak yang sama dengan administrasi public. Hal itu tidak hanya jauh sangat luas dari apa yang diduga oleh kebanyakan orang tapi juga meluas dan menyeluruh dalam kehidupan modern bahkan hal yang tidak bisa kita bayangkan.
Administrasi public adalah langsung dan tidak lansung.
Lansung ketika pegawai pemerintah menghasilkan beberapa layanan umum yang berfariasi seperti: menggadaikan asuransi, pengiriman surat dan listrik. Sedangkan tidak lansung ketika pemerintah membayar kontraktor swasta untuk menyediakan benda atau layanan untuk penduduk. Contohnya, NASA mengoperasikan pesawat angkasa ulang alik, tetapi pesawat angkasa tersebut dibangun oleh perseroan pribadi. Satpam dan staf pembersih gedung pemerintah pegawai perusahaan swasta. Apakah hal ini berarti meletakkan mereka di luar bidang administrasi umum? Tidak semua. Ingat bahwa agen pemerintah harus menggaji, mengevaluasi dan memegang semua pegawai dan kontraktor yang bertanggung jawab pada kualitas penampilan mereka; apakah mereka pembersih toilet atau membuat roket.
Tabel: 1 sampai 10 tingkatan korupsi pemerintah
New Zealand              9,55
Denmark                     9,32
……….
Pemerintah telah menggunakan kontraktor swasta sejak dahulu. Tren sekarang ini lebih pada memperbesar penswastaan fungsi pemerintah, dimana mulai secara menonjol pada tahun 1980 an selama administrasi Reagan di Amerika dan administrasi Thatcher di United Kingdom dan sekarang berkembang di seluruh dunia. Tren ini diperkuat oleh pertumbuhan sector nirlaba yang menerima kebanyakan dananya dari kontrak pemerintah khususnya layanan –layanan sosial dan penelitian. Tahun 1995, 40 persen dari anggaran lembaga nirlaba swasta menyediakan layanan kemanusiaan yang diturunkan dari pemerintah. Menurut mantan gubernur New York, Mario Cuorno, pemerintah mendanai tagihan  2 dari tiap 3 dolar yang dihabiskan oleh badan sosial(amal) Katolik Amerika; sebuah jaringan nasional dari 1.400 lembaga layanan sosial. Sebagai perbandingan, kementerian sosial Lutheran memperoleh 54 persen dananya dari sumber pemerintah, dan bala keselamatan memperoleh 15 persen dari sumber-sumber lain. Jadi, kita bisa menyimpulkan bahwa swastanisasi semestinya tidak mengurangi jumlah total dari administrasi umum di dunia, sederhanamya dipaksa untuk berbeda bentuk.
Administrasi umum adalah tahapan dalam lingkaran pembuatan kebijaksanaan public.
Pembuatan kebijaksanaan public tidak pernah berhenti.Pemerintah tidak pernah berhenti menderita dari masalah yang sama sampai pada apa yang dikemukakan oleh Hamlet karya Shekespeare, keragu-raguan raja Denmark yang berjuang dengan “ada atau tidak ada”. Pemerintah dengan harapan yang teguh “lakukan atau tidak lakukan”. Apapun yang mereka lakukan atau tidak lakukan itu adalah kebijakan publik. Semua keputusan ini (termasuk keputusan untuk tidak membuat keputusan) dibuat oleh orang yang mengontrol kekuatan politik dan dilaksanakan oleh pegawai administratif birokrasi. Jadi, kebijakan public dan administrasi public adalah dua sisi mata uang yang sama. Yang satu memutuskan dan yang satunya lagi melaksanakan. Mereka tidak dapat dipisahkan karena satu sisi tidak akan ada tanpa sisi yang lain. Tetapi karena pembuatan kebijakan adalah proses yang berkelanjutan, maka itu tidak bisa berujung pada penerapan. Kapanpun pemerintah melakukan sesuatu, kritik akan selalu menyarankan hal yang lebih baik. umpan balik ini bisa juga informal, dari penduduk yang mengeluh pada investigasi jurnalistik atau bisa juga melalui agen atau evaluasi program legislative. Dalam banyak kasus, keputusan baru haruslah dibuat meskipun jika memutuskan untuk mencegah untuk membuat keputusan.
Administrasi public adalah implementasi perhatian public
Perhatian public adakah label umum dimana pelaku politik membungkus kebijakan dan program yang mereka anjurkan. Akankah lobi, menejer public, para legislative atau kepala eksekutif senantiasa mengajukan program yang tidak dalam perhatian public? Tidak! Karena perhatian/minat umum secara umum diambil untuk makna menerima benda biasanya, kalimat ini biasanya digunakan untuk kebijakan lebih lanjut yang sesungguhnya untuk benda biasa dan untuk mengaburkan kebijakan yang mungkin tidak diterima sebagai benda biasanya. Sebuah bagian sastra bermakna telah mengembangkan kalimat ini, karena itu merepresentasikan sebuah poin filsafat yang penting, jika sukses di tentukan bisa menghasilkan arahan yang bermakna politikus dan semisal administrator public. Walter Lippmann menulis bahwa perhatian umum mungkin menyangka bahwa laki-laki akan memilih jika mereka melihat secara jelas, berfikir secara rasional, bertindak secara tanpa pamrih dan murah hati. Pnglihatan yang jelas dan pikiran yang rasional sudah cukup. Menemukan pemimpin yang tanpa pamrih dan pemurah adalah hal yang sulit.
Pada awal abad 18, E. Pendleton Herring menyelidika masalah yang dkemukakan oleh peningkatan dramatis pada bidang kebijaksanaan administrative pemerintah. Dia menerima bahwa undang-undang dilalui oleh legislative penting untuk melalui kesepakatan legislative,karena  mereka sering tidak jelas dan butuh pengertian lebih lanjut. Birokrat yang tidak memenuhi kewajiban, memiliki tugas memberi detail pengertian pada prinsip umum yang membentuk Negara oleh undang undang dan peraturan tambahan yang diterbitkan. Diatas bahu birokratlah hal ini di tumpukan . beban mendamaikan kelompok yang berbeda dan mengefektifkan dan memfungsikan kesepakatan sosial ekonomi yang sampai pada proses legislative. Efeknya, hal itu menjadi pekerjaan administrator yang tak dikenal untuk menentukan perhatian public.
Pembicaraan Herring mengenai perhatian public dan peranan kritik dimainkan oleh birokrat dan kelompok perhatian (interest) dalam susunan kebijakan public yang secara benar mengantisipasi berbagai isu kritik  yang masih bergulat dalam sekolah kebijakan public dan administrasi hari ini. Herring memiliki suara yang cukup penting dalam pengetahuan politik yang disebut dengan kelompok teori, sebuah sekolah pemikran yang memandang bahwa pemerintah sebagai representasi dari kelompok interest yang bermacam-macam dan merundingkan kebijakan yang muncul pada mereka. menurut Herring, kebanyakan tugas dasar birokrat menetapkan hubungan pekerjaan dengan interest khusus jadi focus mereka bisa lebih ditransaksi secara efesien. Peran bahwa Herring akan memiliki administrator public dimainkan oleh wakil Edmund Burke, seorang wakil yang melatih pendapat individu dan tidak hanya mengikuti permintaan persis dari legislative atau mempersepsikan pendapat para pendukung. Di dalam tulisan klasiknya tahun 1774 “ Berbicara pada pemilih Bristol”  Burke menceritakan pada pemilih bahwa perwakilan kamu adalah hutangmu, tidak hanya industrinya tapi juga keputusannya dan dia berkhianat dalam melayani kamu, jika dia mengorbankannya demi pendapatmu. Beberapa orang akan setuju dengan daya tarik penggunaan keputusan yang bagus ini dalam peningkatan interest public. Bagaimanapun, yang lain juga akan setuju bahwa grup  pialang interest yang dikemukakan Herring mengadopsi administrator umum pada level tinggi secara hakiki tidaklah demokratis.         
Administrasi Publik Merupakan Sebuah Peraturan
Merupakan tugas pemerintah untuk memeberitahukan pada pengusaha dan warga negara apa yang dapat dan tidak dapat mereka lakukan. Peraturan merupakan salah satu fungsi tertua dari pemerintah. Undang-undag Hammurabi pada masa Babilonia kuno menyatakan bahwa “para tukang batu yang membangun sebuah rumah yang akan runtuh dan menghilangkan nyawa penghuninya seharusnya dihadapkan pada kematian”. Sementara tidak sepenuhnya sebuah bangunan perundangan modern, meskipun membuktikan sebuah efektifitas peraturan atas sebuah pemerintahan.
Peraturan modern begitu meresap dan begitu umum dalam kehidupan sehari-hari dimana kita dapat menyaksikan dan mematuhinya tanpa berpikir terlebih dahulu. Sebagaimana contoh sederhana di sebuah restoran McDonald’s saat memesan sebuah hamburger atau sebuah salad. Anda akan meninggalkan rumah anda atau apartemen anda yang telah dibangun menurut peraturan pembangunan di daerah anda – peraturan. Anda masuk ke mobil anda, yang memiliki banyak persyaratan keamanan berdasarkan peraturan pemerintah federal anda – peraturan. Anda menyetir mobil anda hingga persimpangan jalan dan berhenti pada saat lampu merah menyala – peraturan. Didalam restoran McDonald’s, anda melihat stiker pada pintu restoran yang berasal dari badan kesehatan masyarakat yang mengindikasikan bahwa restoran tersebut telah diperiksa dan dinyatakan bebas terhadap serangga dan tikus – peraturan. Pada dinding restoran terdapat sebuah sertifikat yang dibingkai dari badan kota yang menyatakan bahwa restoran tersebut telah berlisensi untuk beroperasi sebagai sebuah badan usaha – peraturan. Selanjutnya anda memberi perintah pada seseorang yang bekerja maksimal namun mendapatkan upah minimal yang diatur oleh perundangan – peraturan – dimana pengawasnya diminta oleh Komisi Pekerja Persamaan Kesempatan untuk menjaga wilayah kerja dari pelecehan seksual – peraturan – dimana komisi tersebut dikurangi gajinya oleh yang berwenang untuk membayar pajak dan sekuritas sosial – peraturan. Jika setelah makan anda merasa harus mengunjungi salah satu ruang istirahat, anda akan menemukan toilet yang dirancang khusus bagi para penyandang cacat – peraturan.
Hidup kita secara terus menerus diatur oleh peraturan. Kita tidak dapat secara resmi lahir hingga kita memiliki sertifikat kelahiran – peraturan. Kita harus masuk sekolah pada usia tertentu – peraturan. Kita tidak dapat memasuki banyak pekerjaan tanpa izin dari negara- peraturan. Dan pada akhirnya, kita tidak dapat dinyatakan secara resmi meninggal dunia tanpa sertifikat kematian – peraturan. Dan semua itu tak berhenti disini saja. Kita hanya boleh dikuburkan di tanah yang disetujui pemerintah dan tanah tersebut harus dibayar pajaknya – peraturan.
Sebagai sebuah peraturan yang sepintas lalu, lebih ramai dan lebih berkembang secara ekonomis sebuah tempat, maka lebih banyak peraturannya. Masyarakat membutuhkan peraturan sehingga masyarakat lebih berhati-hati dalam berkendara, lebih berhati-hati tinggal di sebuah rumah yang akan roboh atau memakan makan beracun. Karena hal-hal tersebut merupakan masalah yang umum terjadi sebelum peraturan pemerintah diberlakukan.
Administrasi Publik Merupakan Hadiah dari Sang Raja
Segala hal baik, pelayanan dan penghargaan dilimpahkan oleh otoritas yang berwenang. Ini merupakan pengertian paling awal dari administrasi publik. Sejak segala hal dimiliki oleh raja, apapun itu dilimpahkan pada para bangsawan dan petani merupakan sebuah hadiah. Dalam dunia yang lebih modern, versi administrasi publik seperti diatas bisa dilihat dalam kerajaan tradisional dan kediktatoran dimana rumah sakit, sekolah, taman dan sebagainya dianggap sebagai sesuatu yang diberikan oleh bangsawan pada masyarakat yang tahu berterima kasih. Tanda-tanda terakhir “hadiah dari raja” ini didalam pemerintahan yang representatif dapat dilihat pada piagam yang seringkali dipasang di bangunan umum dan jembatan-jembatan yang menandai bahwa gedung tersebut dibangun spanjang masa jabatan Mayor Smith atau Gubernur Jones. Tentu saja, kapanpun pemerintahan representatif melakukan korupsi, largesse sebagai sebuah model operasi dari administrasi publik akan menekankan dirinya kembali. Selanjutnya warga negara mungkin hanya mendapatkan pelayanan publik seperti perlindungan polisi dan kesejahteraan jika mereka dirasa pantas mendapatkannya dimata pemerintah.
Mesin politik kota besar tradisional berlangsung hanya sepanjang terdapat hadiah sang raja tersebut didistribusikan. Sebagai contoh, di Cambridge, Massachusetts, sepanjang Depresi Besar, daerah pemiihan partai Demokrat berwenang mendistribusikan sekitar 50 “kancing salju” tiap kali badai salju datang. Tiap kancing bertanda pemilik yang membersihkan menyodok salju dari jalanan kota. Hal ini merupakan hadiah yang cukup bermanfaat bagi para pengangguran di tiap wilayah pemilihan. Sementara tentu saja pada tingkatan rendah langganan makanan, hadiah ini membawa kesetiaan petugas daerah pemilihan yang dapat diterjemahkan sebagai suara untuk partai. Kancing salju merupakan barang peninggalan masa lalu. Begitu juga mesin politik karena keuntungan kesejahteraannya sebagai sebuah masalah hak telah membuatnya berlebihan dan tak berguna. 
Administrasi Publik Merupakan Pencurian
Ada orang-orang yang percaya bahwa pemerintah harus melakukan sedikit lebih banyak daripada polisi dan perlindungan militer, lain daripada itu, pemerintah seharusnya tidak ikut campur kehidupan rakyatnya. Seorang intelektual Ayn Rand, filsuf objektifisme yang menyerang ide kesejahteraan negara sebagai tak memiliki jati diri dan perjuangan bagi kebaikan umum dalam novel seperti The Fountainhead (1943) dan Atlas Shrugged (1957). Dalam tulisannya Capitalisam: The Unknown Ideal (1966) ia menulis: “fungsi paling tepat sebuah pemerintahan dari sebuah negara yang bebas adalah bertindak sebagai agen yang melindungi hak-hak individu, yang melindungi individu dari kekerasan fisik.” Reaksi diatas merupakan sebuah bentuk ekstrim dari konservatisme. Politik konservatif sering kali ditemukan diantara orang-orang yang memilki (atau berpotensi memiliki) kekayaan dan properti. Mereka secara alamiah berubah, karena mereka memiliki sesuatu untuk dihilangkan. Seorang ahli ekonomi John Kenneth Galbraith menawarkan sebuah analisis kuantitatif singkat mengenai fenomena tersebut:”Hal ini merupakan masalah sederhana aritmatika yang mengubah secara ekonomi seorang pria yang memiliki sesuatu: hal ini tidak berlaku pada pria yang tidak memiliki apa-apa.
Secara berkelanjutan konservatif takut pada kebijakan publik yang melibatkan pendistribusian kembali kebijakan domestik dan program-program yang bertujuan mengangkat kekayaan atau keuntungan dari satu segmen populasi ke segmen lainnya. Kesejahteraan negara dibangun diatas ide pendistribusian kembali ini. Mekanisme dasar pendistribusian adalah perpajakan. Jelasnya, redistribusi lebih populer dalam suatu kelas sosial dibanding kelas sosial lainnya. Sebagaimana ditulis Alexis de Tocqueville pada 1835: ...”Negara...ketika para pembuat undang-undanf jatuh dengan ekslusif kedalam banyaknya masyarakat miskin yang tidak dapat berharap banyak pada ekonomi dalam pengeluaran publik, pengeluaran selalu dipertimbangkan, baik karena pajak tidak dapat menyentuh orang-orang yang memilih mereka atau karena mereka menilainya untuk mencegah membayar pajak.” Penyair George Bernard Shaw dengan ringkas menyatakan: “pemerintah yang merampok Peter untuk membayar Paul akan selalu tergantung pada sokongan Paul”.
Dan siapakah kepala perampok pemerintah dalam permainan Robin Hood ini? Tak satupun selain administrator publik daerah lokal anda! Itulah kenapa begitu banyak warga negara dengan aset mereka yang berisiko dicuri menggarisbawahi jabatan administrator publik. Hal ini merupakan pepatah yang legal bahwa peraturan pemerintah yang bertindak terlalu jauh jumlahnya dalam sebuah pencurian. Perilaku konservatif ini cukup sama dengan isu yang terjadi 1851 oleh seorang anarkis Pierre Joseph Prondhon yang melawan pemerintah: “Diperintah artinya diawasi, diperiksa, dimata-matai, diarahkan, diatur, diadili, didoktrin, dikontrol, disensor, diperintah, oleh orang-orang yang tidak memiliki hak dan juga tidak memiliki pengetahuan yang baik. “
Proudhon salah pada paling tidak satu hal. Administrator publik memiliki hak dibawah undang-undang dan hukum untuk melakukakn apa yang akan mereka lakukan seharusnya. Pengecualian besar pada hal ini muncul ketika mereka melewati garis dari metafor pencurian sebenarnya. Seperti tokoh fiksi British agen rahasia James Bond yang memiliki izin untuk membunuh pekerja pemerintah di beberapa daerah menganggap pekerjaan mereka sebagai izin untuk mencuri – biasanya dilakukan dengan mengumpulkan uang sogokan. Hal ini sangat umum dilakukan di negara berkembang dimana birokrat tidak dibayar dengan upah yang masuk akal dan hampir tidak mempunyai pilihan selain melakukan korupsi.
Definisi Manajerial Administrasi Publik
Administrasi publik memiliki cabang manajemen dimana banyak sekolah tinggi manajemen yang dibagi kedalam program publik dan pribadi
Administrasi Publik Merupakan Fungsi Eksekutif dalam Pemerintahan
Dalam negara demokratis, baik republik maupun monarki konstitusional, merupakan tugas badan pemerintah meletakkan keinginan masyarakat kedalam legislasi praktis. Menurut Alexander Hamilton dalam The Federalist No. 72: “Administrasi pemerintah...dalam kebiasaannya, dan mungkin kepentingan utamanya...sangat terbatas dalam detail eksekutif dan secara khusus jatuh dalam departemen eksektuif atau provinsi. “ Pada rezim diktator badan yang sama melakukan penawaran terhadap orang-orang yang memiliki kekuatan. Tapi prosesnya jauh lebih interaktif dan dinamis daripada diagram kekuatan yang disarankan.
Administrasi Publik Merupakan Sebuah Manajemen Khusus.
Manajemen mengacu pada orang-orang yang bertanggung jawab dalam menjalankan sebuah organisasi dan orang yang menjalankan proses itu sendiri- penggunaan banyak sumber (manusia dan mesin) untuk mencapai tujuan organisasi. Manajer utama membuat keputusan besar dan bertanggung jawab secara umum terhadap sukses organisasi. Dalam pemerintahan manajer utama selalu dipegang oleh pemimpin politik masyarakat yang mendapatkan kekuatan dari pemilihan, persetujuan, atau kudeta. Ketika seorang presiden baru memasuki ruang kantornya di Amerika Serikat, ia mungkin orang yang ditunjuk menyelesaikan tiga ribu pekerjaan sebagai manajer utama yang bertanggung jawab pada pelaksanaan kebijakan. Orang yang diangkat tersebut, selain berfungsi sebagai manajer utama dengan tanggung jawab manajemen yang sangat penting, jarang sekali seorang manajer profesional dan sangat jarang menganggap diri mereka seorang ahli manajemen. Mereka lebih cenderung menjadi seorang kawan lama yang sederhana, seorang pengikut setia partai politik, kontributor kampanye, dan perwakilan kelompok.
Administrasi Publik Layaknya Mickey Mouse
Tokoh kartun innocent ini telah meminjamkan namanya sebagai sebuah istilah peyoratif bagi banyak aspek dalam administrasi pemerintah. Ketika tikus terkenal milik Walt Disney ini populer pada tahun 1930an, ia muncul dalam berabagai kartun pendek yang menceritakan bahwa ia membangun sesuatu (rumah atau perahu) yang kemudian akan rusak, atau umumnya mendapatkan banyak masalah. Jadi Mickey lambat laun menyumbangkan namanya pada apapun yang meminta upaya dengan hasil minim, termasuk banyaknya persyaratan Mickey Tikus dalam birokrasi. Istilah ini juga diberikan pada kebijakan atau peraturan yang dirasa tak terlalu dibutuhkan, bodoh, mengada-ada, atau menyakitkan. Contohnya, Presiden Robald Reagan menggunakan istilah ini untuk akibat yang baik saat ia komplain pada 1982, dimana ia menyatakan: program pemerintah Amerika Serikat dalam kedatangan anggaran merupakan penyusunan anggaran Mickey Mouse yang sangat tidak bertanggung jawab bahwa setiap badan pemerintah telah mempraktekkan.”
Administrasi Publik Merupakan Seni, Bukan Sains atau Sebaliknya
Sebagian orang memiliki bakat dalam administrasi. Kita telah berjumpa dengan para administrator alamiah. Mereka tidak hanya terus menerus terorganisir tapi memiliki ketangkasan untuk membuat orang-orang bekerja bersama dalam harmoni. Seni administrasi merupakan pendapat, dan pandangan umum. Tapi seorang seniman tidak berdaya tanpa alat – tanpa skill teknis yang mengijinkan intisari dan pemindahan informasi. Tak ada yang lebih tak berguna daripada berpendapat apakah praktik administrasi publik lebih dari sekedar seni dan sains. Tentu saja, lebih banyak sains yang anda kuasai, maka anda akan jadi seniman yang lebih baik lagi. Tapi “buku panduan” tidak akan membuat anda menjadi seorang seniman jika anda tidak memiliki sebuah elemen bakat pada tempat pertama.
Pada awal Perang Dingin di Amerika, Henry Wager Halleck mungkin orang dari utara yang paling tahu seni dan ilmu berperang. Bukunya, Elements of Military Arts and Science, dan terjemahan teks-teks militer asing digunakan di West Point tempat ia mengajar. Pria yang diberi gelar “old Brains” ini sangat banyak diharapkan saat ia diberi tugas lapangan. Tapi saat ia mengetahui semua sains, ia tidak memiliki seni menjadi seorang komandan dalam pertempuran yang sesungguhnya. Walaupun ia akhirnya menjadi Kepala Staf Angkatan Darat Amerika, ia bukanlah termasuk dalam daftar jenderal-jenderal besar. Sebaliknya, Ulysses S.Grant , jenderal yang memenangkan Perang Dingin, mengindahkan buku taktik perang dan menyatakan “tak lebih dari pendapat umum” Ia menulis dalam memoarnya pada 1885 bahwa ia tidak mempercayai para staf kantornya “Saya telah menemukan bahwa saya tidak pernah mempelajari taktik yang saya gunakan”.
Jadi, yang mana yang anda sukai? “Old Brains” Halleck, dengan begitu banyak sains tapi tanpa seni, sangat bagus dalam pekerjaan kantor tapi tak mampu memberi komando? Atau Grant, dengan begitu banyak seni tapi tanpa sains. Hanya karena anda seorang master atau doktor di bidang administrasi publik atau bidang yang berhubungan, bukan berarti anda mampu berfungsi sebagai administrator tingkat tinggi. Memiliki pendidikan yang tinggi tidak selalu sama dengan kemampuan menjadi profesional. Jika tujuan anda menjadi seorang manajer kota atau administrator agensi, anda boleh menghindari pekerjaan kantoran. Keluarlah dari sana dan lakukan sesuatu. Perlahan buktikan dengan pekerjaan yang meningkat dan bertanggung jawab, anda adalah seorang seniman, anda dapat mengatasi kekacauan administrasi.
Definisi Jabatan Administrasi Publik
Salah satu hal menyenangkan dalam jabatan pelayanan publik adalah kesempatan yang banyak untuk berpartisipasi dalam menganalisa dan mengevaluasi program-program publik.
Administrasi Publik Merupakan Sebuah Kategori Jabatan
Apapun pekerja publik di belahan dunia lakukan, berkisar dari pembedahan otak hingga penyapu jalan. Kebanyakan orang dalam kategori jabatan ini bahkan tidak berpikir bahwa mereka adalah administrator publik. Mereka ditandai dengan profesi khusus mereka (teknisi, atau arsitek) dan perdagangan (tukang kayu, tukang listrik, atau tukang pipa). Sementara benar bahwa mereka mungkin bukan administrator seperti manajer, mereka paling tidak baik disadari atau tidak, melayani masyarakat. Pada 1996 Amerika Serikat memiliki lebih dari 18 juta pekerja sipil untuk negara, lokal dan pemerintahan federal.  Dan hanya bagian terkecil dari mereka yang dianggap sebagai administrasi publik. Mereka memeandang diri mereka sesederhana petugas polisi, pekerja sosial, atau polisi hutan, tapi mereka juga tidak bisa dipungkiri sebagai administrator publik.
Administrasi Publik Merupakan Kontes Mengarang
Orang-orang yang berkarir dibidang birokrasi cenderung naik atau turun tergantung pada seberapa baik mereka menulis. Merupakan sebuah legenda yang tak dapat disangkal di Departemen Negara AS bahwa tak seorangpun yang hebat dalam penulisan, menulis memo mereka sendiri. Jika anda dianggap berbakat, bos anda akan menginginkan anda untuk menuliskannya memo. Karena anda terlalu sibuk menulis memo bos anda, maka anda membutuhkan seorang junior yang berbakat untuk menuliskan memo anda. Saat bos anda mendapatkan pekerjaan baru, anda akan mendapatkan promosi yang sesuai. Dan tentu saja anda membawa serta orang yang menulis untuk anda. Skill presentasi oral juga penting, tapi sejak lebih banyak orang bisa berbicara daripada menulis, maka menulis lebih meyakinkan dalam menentukan ide siapa yang lebih baik. Seluruh organisasi menghormati orang yang mampu menulis dalam tekanan. Orang inilah yang akan naik saat kesempatan penting datang. Itulah kenapa administrasi publik merupakan kontes mengarang, karena reputasi menulis anda menciptakan persona administratif anda sebagai pemenang atau pecundang.
Administrasi Publik Merupakan Idealisme dalam Tindakan
Banyak orang memasuki karir pelayanan publik karena mereka seorang idealis, mereka percaya dan mencari prinsip mulia. “mulia” merupakan kata kunci disini karena secara tradisional kemuliaan memiliki kewajiban pelayanan publik. Mereka merupakan kelas ksatria, jadi itu adalah tugas mereka untuk melindungi yang lemah dan kurang beruntung. Perlahan, tugas mereka berkembang dari urusan militer ke masalah publik. Pelayanan pemerintah tingkat tinggi saat ini juga terbuka bagi mereka yang lahir dengan bakat tapi tidak memiliki uang atau koneksi.
Idealisme membawa orang kedalam administrasi publik karena hal itu menawarkan mereka hal-hal menguntungkan untuk hidup mereka. Idealisme berhubungan dengan administrasi publik berjalan jauh diluar individu. Tujuannya yaitu sebuah bangunan mistik “sebuah kota diatas bukit”, sebuah komunitas politik ideal yang sesuai bagi orang lain untuk diteliti sebagai sebuah contoh. Sangat ganjil terasa bagaimana para idealis dalam pemerintahan yang hanya menginginkan yang terbaik bagi para warga negara dianggap tak lebih baik dari pencuri dan sampah masyarakat oleh orang lain. Banyak orang yang mencari karir pada pelayanan publik percaya bahwa pemerintah merupakan kendaraan yang berlegitimasi dalam menyelesaikan masalah sosial, dan mereka ingin mengendarai kendaraan tersebut saat masalah telah terselesaikan. Hal apa yang anda dapatkan jika anda tidak senang melakukan sesuatu? Sikap ini sama dengan yang ditunjukkan penakluk dari Spanyol pada abad ke-16 Bernal Diaz del Castillo.
Administrasi Publik Merupakan Bidang akademik
Hal ini merupakan studi seni dan sains dari manajemen yang diaplikasikan pada sektor publik. Namun secara tradisional ia berada jauh diluar perhatian manajemen sebagai subjek masalah politik, sosial, budaya dan lingkungan yang resmi yang mempengaruhi jalannya institusi publik. Sebagai sebuah bidang ilmu, telah menjadi sifat lintas disiplin ilmu karena ia menunjuk pada banyak bidang seperti sains politik, sosiologi, administrasi bisni, psikologi, hukum, antropologi, pengobatan, kehutanan, dan lain-lain. Tentu saja, hal ini dianggap bahwa karena administrasi publik meminjam begitu banyak bidang lapangan , sehingga yang tinggal sebagai inti sangat berguna menjadi sebuah akademik yang terlegitimasi.  Administrasi publik Amerika sebagai sebuah bidang studi secara tradisional berasal dari sebuah artikel di tahun 1887 Political Science Quarterly  oleh Woodrow Wilson. Dalam “The Study of Administration” Wilson mencoba tak lebih dari menfokuskan kembali pada bidang yang baru muncul dari ilmu politik. Daripada menaruh perhatian pada “kebijaksanaan politik yang bertahan maksimal”, ia menganggap bahwa ilmu politik seharusnya terpusat pada hal yang lebih detail pada bagaimana pemerintah di-administrasi-kan. Wilson ingin bidang ilmu administrasi publik memfokuskan tidak hanya pada masalah personel manajemen, sebagaimana banyak para reformis pada waktu itu berpendapat, namun juga pada organisasi dan manajemen secara umum. Gerakan reformasi pada saat itu memiliki agenda reformasi yang tidak berjalan diluar penghapusan sistem pembasmi dan pemasangan sistem manfaat. Wilson menganggap reformasi pelayanan sipil sebagai  “ pendahulu sebuah pemenuhan reformasi administrasi”.
Dalam essaynya, Wilson juga memproklamirkan keberadaan sebuah perbedaan besar antara politik dan administrasi. Hal ini merupakan hal umum dan taktik politik yang dibutuhkan oleh pergerakan reformasi karena pendapat bahwa perjanjian publik seharusnya berdasarkan kecocokan dan kepantasan, daripada hanya aspek partisan, perlu ditegaskan bahwa “politik” berada diluar pelayanan publik. Sebagaimana dinyatakan Wilson “Walaupun politik mengatur tugas-tugas administrasi, seharusnya ia tidak memanipulasi badannya.” Dalam memperkuat apa yang dikenal dengan “dikotomi politik administrasi” Wilson sangat mengacu pada politik “partisan”. Sementara seluk beluk hal ini hilang entah kemana, tema utama Wilson – dimana administrasi publik seharusnya didasari oleh sebuah ilmu manajemen dan terpisah dari politik tradisional – jatuh pada lapangan intelektual yang murni. Ide ini selanjutnya menjadi dogma dalam akademik administrasi publik.
Namun, jika Wilson tidak menjadi presiden, artikelnya akan dilanjutkan untuk menikmati ketidak jelasannya yang panjang lebar dan bertele-tele. Pengaruh penting artikel tersebut hanya terasa setelah Perang Dunia ke II – lebih dari setengah abad setelah diterbitkan. Ahli sejarah administrasi Paul van Riper menemukan bahwa tak satupun pelajar administrasi publik awal, sebaya dengan Wilson, mengambil artikel sebagai referensi kerja mereka. Pada kenyataannya, setiap hubungan antara essay Wilson dan perkembangan ke depan disiplin ilmu administrasi ternyata hanya khayalan! Sebuah pemeriksaan pekerjaan politik dan sosial pada masa antara 1890 dan Perang Dunia I menunjukkan tidak adanya referensi pada essay Wilson. Jadi bagaimana hal itu ditemukan lagi dan menjadi bacaan wajib bergenarasi kedepan? Menurut analisis sejarah oleh Daniel W. Martin “Jawaban sederhana...merupakan cetakan ulang artikel Wilson pada Desember 1941 Political Science Quarterly. Itu adalah karya besar dalam bidang hubungan publik, lengkap dengan sebuah salinan surat kepatuhan Wilson.”
Sementara Woodrow Wilson dan banyak para penggerak progresif lainnya yang disebut dengan “sains administrasi” bidang intelektual baru muncul tanpa bentuk. Sulit untuk melacak momen yang tepat dari konsep mereka. Salah satu yang pasti yaitu teks administrasi publik Amerika pertama adalah Introduction to the Study of Public Administration oleh Leonard White, yang diterbitkan pada 1926.
Sementara Woodrow Wilson memberikan dasar pemikiran bagi administrasi publik menjadi sebuah disiplin akademik dan manajemen khusus profesional, hal ini berarti bagi White pada hal yang paling jelas artikulasinya yaitu objektif awalnya. Dalam teks pelopornya, ia mencatat empat asumsi penting yang membentuk dasar bagi studi administrasi publik yaitu:
  1. Administrasi merupakan sebuah proses tunggal yang dapat dipelajari secara seragam, di wilayah federal, negara dan tingkatan lokal.
  2. Dasar dari studi ini adalah manajemen, bukan hukum
  3. Administrasi masih merupakan sebuah seni namun transformasi idealnya ke bidang sains sangat mungkin terjadi dan memiliki manfaat yang besar
  4. Administrasi telah menjadi , dan akan berlanjut menjadi pusat masalah pemerintahan modern.
Teks milik White sangat luar biasa baik pengaruhnya selama empat dekade maupun pengendaliannya untuk tidak mengambil sebuah buku resep tentang administrasi publik. Ia menyatakan bahwa administrasi publik diatas seluruh bidang studi yang harus tetap dekat dengan kenyataan – yaitu kenyataan praktisi tak terlatihnya yang masih memiliki kepercayaan besar dalam seni administrasi. Bahkan lebih menariknya, karyanya menghindari perangkap potensial dari dikotomi politik administrasi. Menyatakan bahwa administrasi publik sebagai penekanan terhadap fase manajerial, ia tidak dapat menjawab” pertanyaan pada hal apa administrasi berpartisipasi dalam memformulasikan tujuan negara”.
Sebagai sebuah bidang akademik yang independen, administrasi publik selalu kontroversial. Pertama, ia merupakan anak tiri dari ilmu politik. Dan pada banyak kampus, bidang ini masih  diwakili oleh beberapa mata kuliah dalam kurikulum ilmu politik. Selanjutnya, sekolah bisnis dan manajemen mulai menawarkan diri sebagai salah satu bidang khusus administrasi. Pada dekade dewasa ini, departemen yang independen dan sekolah tinggi administrasi publik telah diciptakan. Tapi seperti bidang administrasi publikelemen konstituennya secara intelektual mulai menghilang. Analis kebijakan publik secara meningkat mengidentifikasi dengan kekakuan matematis metodologis ilmu politik. Keuangan publik telah diklaim oleh ahli-ahli ekonomi. Elemen manajemen inti telah dialihkan kearah manajemen publik. Secara meningkat bidang tersebut bukan seperti sebuah disiplin ilmu daripada sebuah perusahaan untuk komponen intelektual yang terpisah. Pada 1975 Dwight Waldo menyatakan bahwa administrasi publik menderita oleh krisis identitas, secara besar-besaran memperluas sekelilingnya tanpa menciptakan sebuah pusat penyatuan. Sperempat abad kemudian, krisis ini menunjukkan tidak adanya tanda akan reda.
Dalam menjawab pertanyaan apakah administrasi publik merupakan sebuah bidang akademik yang terlegitimasi? Orang-orang yang jujur dengan pandangan berbeda akan berargumen pro dan kontra. Kita sepakat dengan Waldo dan menegaskan bahwa apapun masalahnya dengan kesatuan, administrasi publik merupakan sebuah bidang legitimasi yang paling ditentukan. Kita juga menyatakan bahwa pertumbuhan dan kelincahan elemen-elemennya baik secara sehat maupun secara intelektual sangat menyegarkan. Sebuah bidang akademik tanpa kontroversi harus mundur.
Administrasi Publik Merupakan Sebuah Profesi
Hal ini merupakan aplikasi dari keunikan seni dan sains pada masalah masyarakat. Tapi apakah sebuah profesi seperti hukum, kesehatan, permesinan, atau arsitektur? Masalah pada status administrasi publik sebagai sebuah profesi bisa dibuat dengan mengaplikasikan tes profesionalisme. Apakah ia memiliki tiga ciri umum profesi tradisional:
  1. Sebuah badan akademik dan praktik pengetahuan yang diaplikasikan pada pelayanan masyarakat.
  2. Sebuah standar sukses secara teoritis yang diukur dengan pelayanan kebutuhan masyarakat dibanding mencari pendapatan pribadi saja
  3. Sistem kontrol praktik profesional yang mengatur pendidikan anggota-anggota baru dan menjaga baik kode etik maupun sanksi yang sesuai.
Administrasi publik banyak menjumpai tiga kriteria diatas walaupun tidak seperti hukum atau kesehatan, ia tidak dapat mengontrol masukan untuk praktik melalui lisensi dan pemeriksaan. Namun, administrasi publik bertindak seperti profesi yang dibangun lama ini dengan cara membangkitkan bidang spesialisasi yang berbeda untuk mengatasi masalah dan mempersiapkan praktisi baru. Sementara administrasi publik bukan sebuah ilmu sosial murni, namun ia sama dengan bidang studi yang lebih tradisional. Mungkin lebih seimbang. Profesional asli masyarakat merasa seperti pendeta karena berprofesi dengan menggunakan kata Tuhan. Sebagian orang akan bertanya kenapa, karena Tuhan telah memanggil mereka. Administrasi publik dengan ide idealinya  “sebuah kota diatas bukit” yang bahkan lebih dekat pada konsep asli profesionalisme agama daripada banyak profesi lainnya saat ini.
EVOLUSI ADMINISTRASI PUBLIK
Tidak ada hal yang ditentukan lebih dahulu tentang diskusi definisi. Hal ini merupakan produk dari pengalaman hidup pengarang. Mungkin telah tertulis secara radikal dalam ruang berbeda dan diselesaikan secara esensial dalam tugas yang sama. Kesamaannya, administrasi publik sendiri tidak harus muncul dengan sendirinya. Seperti tiap proses evolusi apapun, terdapat kemungkinan jumlah kemungkinan tak terbatas. Seorang ahli biologi Stephen Jay Gould dalam bukunya tentang Burgess Shale, sebuah fosil yang kaya dengan batu kapur di Pegunungan Rocky Kanada, menunjukkan bagaimana hewan berevolusi memiliki angka mulai dan berhenti. Menurut Gould, tidak terdapat penghalang yang memberi bukti pada Burgess seperti yang diketahu saat ini, yang terbukti sangat ganjil” bahwa makhluk vertebrata dari munculnya manusia akan terus bertahan hidup. Hal yang paling mengganggu adalah seleksi alam, yang menurut Gould, merupakan proses acak alam terhadapnya- yang menyebabkan banyak sejarah evolusi seperti bermain lotere.
Begitu juga yang terjadi dengan administrasi publik. Institusi administrasi yang kita lihat sekarang ini sangat berbeda. Bagaimana manusia belajar mendekati praktik dan definisi administrasi publik dapat dengan mudah terjadi perubahan yang mengejutkan. Contohnya, jika orang Yunani menyatakan bahwa administrasi merupakan manajemen rumah pada skala yang lebih luas, mereka mungkin mengembangkannya sebagai jabatan untuk wanita. Dan hal itu juga mungkin disalin oleh orang Roma yang mengadopsi banyak sekali budaya dan ilmu dari Yunani. Jika dunia klasik mengembangkan ide bahwa pria hanya cocok berperang dan pekerjaan fisik, wanita mungkin akan muncul sebagai sebuah manfaat matrilinieal administrastif.
Lebih dari dua ribu tahun dan memasuki abad ke dua puluh, orang kasim – pria yang dikebiri – merupakan pilihan administrator publik. Kenapa? Karena bagian tubuh mereka yang hilang berarti bahwa mereka dapat dipercaya – pertama dengan istri dan para selir, kedua dengan administrator lainnya. Orang kasim membuktikan keefektifitasan mereka dan kesetiaan mereka sebagai administrator. Sebagai budak yang lama mengabdi pada suatu keluarga, satu-satunya cara untuk maju yaitu melakukan pekerjaan dengan baik pada orang yang dapat memperkaya dan melindungi mereka. Para kasim membentuk sejenis sistem pelayanan sipil. Untuk memasukinya dibatasi bocah budak dari pinggir kerajaan yang telah dikebiri dari ribuan anak. Sementara persentase besar mati dalam operasi , yang selamat diletakkan kedalam pelayanan sebagai kasim pengadilan. Disana mereka dapat membangun jalan mereka menuju tingkatan tertinggi dari pertanggungjawaban administratif. Para kasim tumbuh menjadi kelas pelayan yang sangat dipercaya oleh para pemerintah di Syria kuno, Persia, China, dan Roma. Dalam masa banyaknya nepotisme, mereka tidak terpengaruh oleh pengaruh tersebut. Sementara Kerajaan Kristen Byzantium menggunakan orang kasim secara luas dalam pos pemerintahan, Kristen barat tidak menggunakannya.
Masa terakhir brirokrat tradisional orang kasim masih dapat disaksikan di kerajaan China dan Kerajaan Ottoman di awal abad ini. Jadi bagi banyak rekaman sejarah, orang kasim adalah normal berarti dimana menyatakan mengatur urusan mereka. Keuntungan yang ditawarkan, kesetiaan yang absolut, dan ketidaktertarikan bukanlah suatun hal yang harus dicemooh. Untunglah saat ini terdapat cara untuk mendapatkan standar tinggi etika dalam pemerintahan daripada harus mengirimkan teknisi yang telah dikebiri ke birokrat-birokrat di Washington, Whitehall dan Kremlin.
Isi Utama
Bahkan jika administrasi publik dikembangkan secara radikal dalam garis yang berbeda, hal tersebut harus menghasilkan dimanakah isi utamanya. Sementara tidak ada persetujuan mendetail maka terdapat persetujuan umum tentang materi subjek. Jadi semua teks pembuka administrasi publik memiliki bab yang sama dengan yang berikutnya. Yang berbeda yaitu metode presentasi. Tapi terdapat hampir perjanjian universal bahwa teori organisasi , perilaku birokrasi, manajemen personel, keuangan dan anggaran publik, analisa kebijakan, evaluasi program, dan etika administratif diantara topik lainnya sangat penting untuk menjadi dasar pemahaman bidang.
Perlu digaris bawahi dibuku inibahwa administrasi publik tidak dapat secara tepat dimengerti tanpa sebuah apresiasi atas dinamika politiknya. Seluruh aktor dalam administrasi publik harus menerima takdir politis mereka – mereka tidak dapat berpura-pura baik pada diri mereka sendiri maupun pada publik bahwa mereka beroperasi sebagai rekan sektor publik untuk manajemen industri. Dan sifat politik administrasi publik harus dihadapi dengan dewasa. Seperti pada langkah pertama dalam penangkapan orang dengan pengaruh alkohol yaitu mengakui bahwa ia dibawah pengaruh alkohol dan tidak dapat keluar walaupun ia telah berhenti meminumnya. Langkah pertama terhadap penempatan operasi administrasi publik pada pijakan yang lebih realistis adalah untuk manajer publik untuk mengakui bahwa sektor administrasi publik merupakan sebuah proses politik yang telah melekat.
Administrasi publik meningkatkan bidang lintas pemerintahan. Namun terlalu banyak teks komprehensif yang tersedia untuk bagian perkenalan di AS diputuskan secara agama dimana mereka fokus pada pemerintah nasional. Hal ini merupakan situasi yang tidak layak ketika disadari bahwa sebuah persentase kecil relatif administrator publik di Amerika bekerja bagi pemerintah federal. Sementara Amerika Serikat memiliki satu pemerintah federal, yang memiliki lebih dari 80,000 unit negara, kota kecil, kota besar, dan pemerintahan lokal yang dipimpin oleh administrator setingkat gubernur dan semisterius direktur eksekutif sebuah distrik pengurangan nyamuk. Kebanyakan siswa administrasi publik di AS akan pergi ke negara atau pemerintahan lokal atau sebuah negara asing yang diharapkan mampu meningkatkan skill mereka saat pulang kembali ke rumah. Masih orang lain yang bekerja di perusahaan non profit. Akhir Perang Dingin hanya mendorong sebuah dunia yang meningkat untuk masyarakay yang terorientasi ka Barat yo . Jadi sebagai perluasan teks ini memiliki pendekatan penyatuan, cocok bagi seluruh siswa AS pada semua level (federal, negara dan lokal) tapi generik cukup nerguna untuk siswa dari negara dan budaya lain.
Kebanyakan isi dari pembuka administrasi publik dapat diterima secara universal. Terdapat keberadaan sebuah kesatuan secara keseluruhan (administrasi publik secara umum) yang lebih besar daripada penambahan bagian-bagiannya (administrasi publik di masing-masing jurisdiksi). Konsep inti dari pendekatan penyatuan untuk memperkenalkan administrasi publik menulis material sperti sikap yang bisa diaplikasika ke sistem politik yang berbeda dalam sistem federal Amerika dan sepanjang sisa dunia. Tidak ada buku administrasi yang bisa dipahami sekarang ini jika tidak menyangkut lintas pemerintah dalam cara yang mahal. Figur-figur administrasi nasional dari presiden dan seterusnya sulit sekali menyusun pidato besar tentang beberapa referensi mengenai kebijakan pemerintah dan praktiknya di Asia, Eropa dan lain-lain. Hal ini merupakan bukti paling akhir tentang betapa pentingnya siswa administrasi publik di Amerika mengembangkan perspektif intern
Dengan informasi ini, pembaca rajin akan memiliki jenis konseptual akan memungkinkan mereka untuk dengan cepat mencerna dan menguasai prosedural dan  yang berbeda dengan setiap yurisdiksi
Siklus dari reformasi administrasi
Para pekerja pelabuhan philoshopher Hoffer eric menulis bahwa "sifat masyarakat sebagian besar ditentukan oleh arah di mana bakat dan ambisi aliran-oleh kemiringan lanskap sosial." Administrasi umum sudah tentu telah miring dalam beberapa dekade terakhir. Ketika  john f. Kennedy pada tahun 1961 pidato pelantikannya mengatakani Amerika "menanyakan apa yang dapat Anda lakukan untuk negara " jutaan "menanggapi dengan bercita-cita untuk layanan publik karir-banyak yang dimungkinkan oleh program masyarakat besar administrasi Johnson berikutnya. Gelombang ini datang idealis berhenti dengan tidak populernya perang Vietnam dan skandal Watergate. Dan ketika Ronald Reagan terpilih dua kali berjalan efektif terhadap birokrasi federal, menjadi sedikit harapan bagi kebangkitan kepentingan dalam administrasi publik. Dalam pidato pertama marjinal di tahun 1981, Reagan menegaskan bahwa "Pemerintah bukanlah solusi untuk masalah kita. Pemerintah masalah. "Yang ingin bergabung menjadi dari masalah? Pemilu 1992, RUU Clinton sebagai presiden seharusnya memiliki minat baru di pemerintah. Dalam pidato pelantikannya Clinton menyerukan citizenz untuk memiliki tetapi "keberanian untuk menemukan kembali Amerika.", ketidakpercayaan publik yang terus berkembang dari pemerintah, dan pemilihan umum 1994 jangka menengah yang memberikan kontrol republik kongres untuk pertama kalinya dalam lebih dari empat dekade dibuat mustahil untuk administrasi clinton program  federal. Memang itu menciptakan kembali upaya difokuskan pada perampingan birokrasi. Dalam hal ini ia dan kongres menemukan keumuman -pada prinsipnya jika tidak dalam semua rincian.
Sejarawan Arthur Schlesinger  telah menegaskan bahwa Amerika sejarah berfluktuasi dalam siklus 30-tahun antara konservatif (dengan inisiatif beberapa adminstratif) periode politik. "cenderung reformasi di negara-negara bersatu untuk datang dalam semburan. Model  seratus hari dari franklin d. Roosevelt. Akhirnya buru-buru inovasi mulai tersedak tubuh politik, yang menuntut waktu untuk pencernaan. "
Clinton menjadi presiden hampir 30 tahun setelah Kennedy. Jadi mungkin peningkatan baru-baru ini dalam program administrasi  adalah karena usaha cliinton untuk echo panggilan Kennedy untuk pelayanan publik, mungkin itu hanya waktu untuk yang baru "siklus Schlesinger", atau mungkin orang lebih tertarik pada karier yang menawarkan kepuasan   daripada uang . Tapi sesuatu  terjadi di sisi lain dari spektrum politik yang sama pentingnya. Kaum republikan dari 1990 dalam tradisi manajerial terbaik, telah berusaha menemukan kembali  pemerintah dalam hal efisiensi dan lebih banyak bank untuk uang, dan bahkan untuk  peran pemerintah dalam masyarakat. Pencarian mereka untuk redefinisi memiliki implikasi besar-besaran untuk administrasi publik. The sector yang lebih kecil yang berarti mereka mencari pekerjaan langsung dalam administrasi publik lebih sedikit pekerjaan langsung dalam administrasi publik, tetapi yang lebih tidak langsung. Lokus pekerjaan adalah negara penjaga penjara shift., tetapi lebih penjaga penjara pribadi. Kurang guru di sekolah umum, tetapi para guru disekolah lebih pribadi. Tapi apakah pekerjaan secara formal publik atau pura-pura swasta, mereka masih operasi pelayanan publik, terlepas dari apakah kiri democray pusat atau kaum republiken pf kanan tengah berlaku, dapat dipastikan bahwa administrasi publik adalah bidang yang berkembang. Kita hanya pernah tahu jalan mana yang akan tumbuh.
...SimakBaca secara fonetikSimak
Baca secara fonetik

0 komentar:

Posting Komentar