Dasar Pemikiran: Pahlawan kota Oklahoma
Rhonda Griffin pada saat itu berfikir
komputernya meledak. Jadi ia dengan sangat cepat menutupi wajahnya dengan tangannya dan nyawanya
terselamatkan saat itu berkat instingnya untuk secara spontan memutar kursi
kantornya kebelakang. Karena pada saat itu ia tidak menutup matanya, ia
berfikir “Oh Tuhanku, komputer ini telah meruntuhkan atap kantorku”. Tapi kemudian
ia menyadari bahwa lantai dibawah meja kerjanya hilang. Begitu juga dengan meja
kerjanya. Ia melihat tempat dimana ia duduk tadinya, kepingan atap baja yang
sangat besar bergelantungan dilangit-langit dengan hanya ditopang oleh sepotong
balok. Ia lalu dengan segera menyadari kerusakan komputer itu bukanlah karena
perbuatannya.
Ledakan
yang menghancurkan kantor Department of
housing and urban development (depart. Perumahan dan pengembangan
perkotaan) tempat ia bekerja adalah disebabkan oleh sebuah bom rakitan yang
berisi lebih dari dua ton pupuk dan bahan bakar minyak. Bom itu disembunyikan dalam sebuah bus
carteran yang diparkir di depan gedung nine story yang berisi 16 agen-agen
federal dari deparemen pertanian sampai adminisatrasi veteran
Pada
jam 9.02 pagi 15 paril 1995 seketika setelah lebih dari 500 pegawai
pemerintahan federal sampai untuk hari kerja, bom itu meledak dan mengakibatkan
kerusakan parah. Dentumannya berefek pada radiasi berkecepatan 7000 mil per jam
yang tiba-tiba memporak porandakan gedung-gedung. Lebih dari 200 korban selamat
di larikan ke rumah sakit dan 168 korban tewas berjatuhan akibat kejadian ini.
korban tewas meliputi pegawai federal, masyarakat yang hendak mengurus
urusannya di kantor ini serta 15 anak-anak yang berada di pusat penitipan anak
di lantai 2 gedung ini. Satu potret yang paling mengenaskan pada tragedy ini
adalah ketika salah seorang pemadan kebakaran ,Chris Flelds,yang membawa
potongan tubuh korban yang baru saja meninggal, Baylee Almon, yang pada hari
sebelumnya baru saja merayakan ulang tahun pertamanya.
Seluruh
elemen bangsa dikejutkan dengan betapa sebuah bom dapat menyebabkan kerusakan
yang sangt besar di gedung yang sangat besar, keterkejutan yang di sebabkan oleh
besarnya derita dan kekecewaanan yang dirasakan oleh rakyat Amerika atas
tewasnya orang-orang yang tidak bersalah. Mereka seolah ‘menempel’ pada TV
untuk mengikuti setiap perkembangan baik di drama penyelamatan maupun pada
proses pengusutan tindak criminal ini.
Actor
dari kejadian ini adalah seseorang yang berfikir menyimpang bahwa semacam
pembunuhan massal ini merupakan cara yang pantas untuk menunjukkan rasa
ketidaksetujuannya pada pemerintahn federal. Tapi, disini juga dapat kita temui
sosok-sosok pahlawan. Segera setelah terjadi ledakan banyak orag yang secar
beerkerelaan datang dan membantu korban. Salah satu contohnya adalah Rebecca
Anderson, seorang perwat yang berusi 37 tahun ini meninggal setelah terhimpit
dari sisa-sia reruntuhan. Penyelamat lainnya yang tewas dalam kejadian ini
bernama Michael Laudenslager, seorang pegawai Administrasi umum. Setelah
mengeluarkan beberapa korban dari reruntuhan dia kembali lagi ke pusat
penitipan anak. Dia tidak terlihat lagi, sampai di temukan 3 hari kemudian tewas
di dekat tangga naik. Alat-alat berat seperti linggis di perlukan untuk
menyelmatkan tubuhnya.
Selam
2 minggu Negara ini termasuk dunia melihat gerak-gaerik tim penyelamat yang
mengevakuasi korban yang terhimpit, terluka, sekarat dan yang telah tewas.
Pemadam kebakaran kota Oklahoma menyelamatkan hamper semua korban.namun Ketika
pemadam kebakaran dari Clintin Green Wood datang mereka memakai untuk
menyelamatkan korban yang tersisa, merka menoluntuk mengerjakannya secar
manual. Seorang pria kemudian memcah keheningan dan meminta Green Wood untuk
menggunakan cara manual. Green Wood menjawab “ini adalah truk dari
Negara,Negara memperoleh dana dari pajak yang kamu bayar. Kemudian sang pria
pun menjawab “jangan berceloteh tentang pajak-pajak yang kami bayarkan lagi”.
Namun ada momen –momen tertentu terlihat kesembronoan dalam proses
penyelamatan. Terdapat terlalu banyak orang yag tewas dan tubuh-tubuh yang
terpotong, terlalu banyak keluarga yang kehilangan anggota keluarganya, serta
terlalu banyak anak-anak yang kehilangan anggota keluarga dan bahkan tidak
mengerti arti kehilangan. Terdapat 30 anak anak yang menjadi yatim piatu dan
219 lainnya keilangan salah seorang orang tuanya.
Walaupun
semua korban berasal dari Oklahoma, namun seluruh negri menangisi penderitaan
saudaranya. Gedeng ini bukan hannya sekedar gedung biasa.sebagai bangunan
federal, bangunan ini adalah milik semua masyarakat. Orang-orang yang bekerja
di dalamnya bekerja untuk rakyat. Jadi serangan biadab ini melukai seluruh
negri. Semu ini karena kejadian ini terjadi di pusat kegiatan Negara. Nah
ketika sesorang sudah merasa tidak aman lagi dengan kejadian seperti ini di
tengah tengan negaranya,di mana lagi dia harus mencari rasa aman tersebut. pada
sehari stelah terjadinay pemboman ini se;uruh media bebricara tentang
“kehilangan orang-orang yang tidak bersalah” dan juga tentang peninkatan julah
korban tewas.
Ketik
tiada seorangpun yang di ketemukan hidup di bawah reruntuhan setelah hari
pertama, sangat musthahil sekali untuk mendapatkan informasi.di mulai pada jam
1 dini hari, pada hari kedua.tim penyelamat pertama dari ngara lainnya datang
membantu, tim-tim ini di turunkan oleh agen management bahaya federal.di
dalamnya termasuk 2 lusin anjing pelacak. Anjing tersebut di latih untuk
menyalak apabila menemukan sesuatu yang hidup dan menggonggong ketika ia
menemukan potongan tubuh
The murah federal building, sudah tidak
layak pakai lagi karena sudah mengalami kerusakan berat, dan menjadi ancaman
bagi orang-orng di sekelilingnya apabila gedung tersebut runtuh. Jadi kurang
dari sebulan sebelum kejadian itu bermula, perhatian dunia berpusat pada kota
oklahoma
Aksi-aksi heroic dari
para penyelamat ini mendapat sorotan dari media. Cerita dari korban selamat
yang di selamataka oleh para penyelamat ini teramat menyentuh hati. Media-media
tersebut juga menyorot jiwa kepahlawanan, dedikasi dan pengorbana diri.namun
ada satu titik yang di lewatkan oleh media-media. Mereka adalah para penyelamat
ahli ternyata datang dari pegawai public. Mereka dan para aparat administrasi
yang megklaim diri mereka bagian dari pemerintah. Mereka adalah wakil dari para
birokrat yang di deskrippsikan oleh banyak orang sebagai orang yang bergaji
terlalu besar dan tidak efisien dalam beketja.
Tiap
hari pahlawan–pahlawan ini mendapat beribu perhatian pasca pemboman kota
oklohama para pedagang menjuala dagangannya secara grosi besar-besaran, yang
sebelemnya mreka jual satu per satu. Ini merupakan hal biasa, jika tidak di
lkakukan setiap hari, kejadian ketika seorang pemadam kebakaran menyelamatkan
seorang anak dari gedung yang terbakar. Namu membawa seorang bayi yang terluka
dari apa yang disebut oleh FBI sebagi serang an terburuk yang pernah di
lanarkan di amerka serikat dan kamu menjadi cover
news week. Poin ini adalah bukan untuk mengurang bukti-bukti haroisme di
kota Oklahoma, tapi untuk menegaskan bahwa hal ini adalah bukan hal biasa.
Penduduk
dunia acapkali tetllu sering mengomentari pemerintahan merka.tetapi ketika
sekai saja bencan terjadi baik yang di sebaabkan oleh alam maupun
kriminaitas,tanggapan mereka tanggap terhadap bencan tersebut. misalnya ketika
terjadi gempa di California, kemudian terjadi banjir di missisipi dan kemudian
badai banyak sekali orang yang menjadi relawan. Namun hanya orang-orang
berkemampuan khusus lah yang menyeamatkan orang dari bahaya. Dan perolongan
berjangka panjang yang di butuhka oleh korban-korban bencana hanay tersedia ari
pemerintah. Tiba-tiba para birokrat mwnjadi sesosok malaikat pembawa berkah.
Ketika ada bahaya yag tersembunyi mereka menjadi versi modern tentara abad
pertengahan dengan baju baja yang bersinar. Panggil911 dikebanyakan kota-kota
di amerika dalam htungan menit, kamu akan mendapatkan pegawai negari karir yang
dsstsng kedepan pintimu yang bersedia mengambi resiko kehidupannya untukm udan
keluargamu. Lebih dari setengah hari-hari dalam setahun seorang polisi atua
pemadam kebakarn akn meninggal karena tugasnya.
Untuk
pastinya adab banyak pahlawan di Oklahoma, namun ternyata terdapat
pahlawan di kotamu juga, banyak dari
mereka yang tidak kelihatan olehmu. Pelayanan public modern memberikan banyak
kesempatan kepada para pahlawan. semua sejarah, pahlawan lama di gunakan
kemampuannya untuk kebiasaan baik public untuk tampil bersama tentara browess
dan keberanian fisik. Dan beberapa orang yang diakui satu dari pahlwan adalah
Michael anggelo, yang menjadi orang besar sebagai pahlawan dari masa
renaissance di itali, yang terkaenal dengna pahatannya yang dibuat dengan
alat-alat sederhana seperti pahat dan kuas. Sekarang para pahlawan tradisional
seperti pemaam kebakaran dan polisi telah melakukan banyak sekali aksi –aksi heroic
yang tidak terpublikasikan. Ternyata banyka sekali pahlawan-pahlawan yang tidak
terlhat yang menjaga hidup kita dengan tagganya bahkan denga hidupnya.
Perhatian
merek lebih kepada kualitas hidup orang lain, sepertinya contohnya seorang guru
yang menginspirasi seorang siswanya untu kmenjad orang sukses, pekerja sisoal
yag menemukan rumh Yng nyanman untuk anak-ank yatim piatu, kemidian para
pengembang ekonomi yang membuka lapangfan pekerjaan bagi ribuan orang kemudian
seorang manager public yag menemukan program yang dpat menurunkna biay
paroduksi dan menurunkan harga pajak, walaupun merka itdak pernah mengumbar
aksin ya tetapi merka tetapalah seorang pahlawan. Biasanya pahylawan-pahlawan
ini ada di bidang jasa public.
Definisi administrasi public
Ada sebuah adegan yang dimainkan Edmond rrostend sebagai
Cyrano de Bergerac dimana seoran pahlawan degan hidug besar yang dihina degan
satu tujuan oleh seseorang yang mau mempropokasinya untuk berduel. Namun hinaan
si penanatang terlalu ‘ringan’ sehingga Cyrano mengajarkakn ‘kelas berat’nya.
Mendefinisiak administrasi public memberikan tantangan yang saama.
Penulis
buku ini percaya bahwa tiada yang paling penting untuk mengenalkan administrasi
publik selain defenisi seluas mungkin. Bagaimana lagi caranya untuk mengeksplor
kekayaan dan seluk beluk defenisi tersebut. bagaimana lagi untuk merasakan
signifikansi sejarahnya, aplikasi dan perkembangannya kedepan,bagaimana Lagi
untuk memperoleh apresiasi untuk bab-bab teknis berikutnya, namun diskusi
mengenai pengertian publik tidak terpisah dan tidak lengkap. Admistrasi public terlalu
luas untuk di jadikan sebuah definisi jadi kita harus menuliskan ke 18 nya dan mengkhususkannya
kepada 4 kategori :
-
Politik
-
Hukum
-
Managerial
Ke empat definisi ini di kembangkan dari 3 definsi
sebelumnya yaitu –politik,- managerial dan
Yang di kemukakan oleh David H.Rosenbloom, tapi
kelengkapan sebuah definisi, penulis
berada di posisi yang tidak nyaman dari tantangan Cyrano. kita harus mengatakan bahwa
Penulis buku ini
percaya bahwa tidak ada yang lebih penting dalam sebuah pengenalan administrasi
public daripada mengetahui defenisi
yang mungkin sangat luas. Bagaimana lagi
menelusuri kesempurnaan dan seluk beluknya?
Bagaimana lagi menikmati nilai historical (sejarah), penerapan umum dan
perkembangannya hari ini? bagaimana lagi memperoleh penghargaan untuk bidang
teknik berikutnya?Namun, secara hakiki pembicaraan tentang pendefenisian ini
tidaklah lengkap. Administrasi public sangatlah luas dimana tidak ada yang bisa
melingkupinya dengan satu pengertian saja. Jadi kami menuliskan mereka dalam 18 macam yang dibagi pada empat
kelompok: 1)politik, 2)legal (sah), 3) managerial dan 4) occupational
(pekerjaan). Secara esensial defenisi yang empat ini dikembangkan menjadi 3
macam: politik, managerial dan legal yang dipelopori oleh David H. Rosenbloom.
Tetapi meskipun dengan beberapa deretan defenisi ini penulis tidaklah nyaman
dalam posisi penantang Cyrano. Kita akan mengatkan lebih jika kita hanya
memiliki kecerdasan.
Pengertian politik
dalam administrasi public (umum)
Administrasi public
tidaklah berada diluar konteks politik itu sendiri. Kontekslah yang membuat public;
yang membuatnya berbeda dari privat atau administrasi bisnis. Oleh karena itu
pengertian administrasi public kita focus pada politik itu sendiri.
Administrasi public
adalah apa yang dilakukan oleh pemerintah.
Juru masak White
House (gedung putih) sedang menyiapkan menu makan malam untuk kunjungan kepala
Negara, inspektur Departemen Pertanian meneliti daging sapi di tempat
penyembelihan dan ilmuwan meneliti makanan dan pengelolaan obat; berapa jumlah
bulu rodent yang secara aman dan legal
ditinggalkan oleh pengolah makanan pada coklat, jagung dan keju kacang. Adalah
seorang pejuang tangguh yang menyelamatkan seorang anak dari bangunan yang
runtuh, seorang tukang parker meletakkan tiket pada mobilmu untuk sewa parker
dan penjaga penjara melalui pembuluh darah menyuntikkan cairan mematikan ke
dalam nadi pidana bersalah. Seorang astronomi menjelajah menjangkau ruang
angkasa yang paling jauh, seorang dokter memeriksa kanker pada usus presiden
Amerika dan seorang penjahit merayap untuk menemukan apa yang harus ditambal
dari pipa polongan. Memberi stempel makanan pada orang miskin, menggadaikan
potongan bunga pada pemilik rumah dan perolehan bebas pajak pada bon kotamadya
untuk orang kaya.
Di seluruh dunia, pegawai pemerinah melakukan
sesuatu yang mempengaruhi kehidupan penduduknya sehari-hari. Mulai dari hal
yang heroic ( seperti yang kita lihat di kota Oklahoma) sampai pada hal yang
sederhana. Biasanya usaha ini berguna. Jarang yang tidak. Kebanyakan waktu
administrator public Negara cendrung untuk bisnis umum, contohnya: membangun
jembatan-jembatan dan jalan raya, mengumpulkan sampah, memadamkan kebakaran,
membajak salju ketika dingin, membunuh nyamuk demam berdarah ketika panas dan
memberikan layanan sosial pada yang kurang beruntung. Tapi di lain daerah pegawai
public/umum mungkin menyengsarakan orang yang tak berdosa dan membunuh
anak-anak. Ketika Amnesti Internasional menyiarkan laporan tahunan pada Negara
mengenai kebrutalan dan pelanggaran hak penduduk warganya, siapa yang kamu
pikir melakukan semua kebrutalan dan pelanggaran ini? tidak lain adalah
administrator umum setempat. Tentunya perbuatan keji yang biasanya dikelola
dalam program yang tak membahayakan harus dilakukan dengan control penduduk
atau pengamanan internal. Jadi hubungan public modern berusaha mencerminkan
imej yang baik terhadap kezaliman-kezaliman kuno.
Sebagai sebuah
profesi, administrasi public telah mengembangkan nilai dan standar etika.
Tetapi sebagai sebuah aktifitas itu tidak memiliki nilai. Hal itu mencerminkan
norma budaya, kepercayaan dan kekuatan kebenaran masyarakatnya. Sederhananya,
pemerintah melakukan apapun yang telah pemerintah lakukan, dalam politik dan
konteks budaya apapun itu pernah terjadi. Dwight Waldo pada tahun 1955 menulis
bahwa hal pertama mendesak penganalisa melihat administrative dalam
lingkungannya karena hal itu memungkinkan kita untuk mengerti
perbedaan-perbedaan dalam administrasi, perbedaan antara masyarakat yang akan
tidak dapat dipahami jika kita membatasi pandangan tentang administrasi secara
anallitis dalam hal keumuman administrasi (pengelolaan) itu sendiri. Jadi, pada
dasarnya tindak administrasi yang sama bisa ditampilkan secara berbeda dalam
budaya yang berbeda. demikian sebuah pemeriksaan rutin di satu Negara yang
mensejajarkan permintaan sogok oleh pejabat yang korup dengan yang lain.
Perbuatan yang sama juga ditampilkan secara jujur di sebuah Negara (karena
budaya yang mendukung kejujuran) mungkin memperlihatkan dengan korupsi dengan
yang lain (dimana budaya mendukung korupsi oleh pegawai pemerintah)
Bagaimana kejahatan
yang melekat dari beberapa admistrator public disembunyikan oleh bahasa politik
menurut kami, pembicaraan dan tulisan politik
adalah pertahanan dari ketidakmampuan bertahan. Jadi bahasa politik mengandung
secara luas dari euphemism( kiasan halus), pertanyaan mengemis dan kekaburan
redup yang transparan. Ketidakberdayaan daerah adalah ketika dibombardir dari
udara, penduduk diusir ke daerah pedesaan, senapan mesin sapi, pondok dibakar
dengan peluru pembakar, ini disebut dengan pengamanan. Jutaan petani dicuri
sawah/ladang mereka kemudian dikirimdengan berjalan sempoyongan di sepanjang
jalan dengan tidak ada yang bisa mereka bawa, ini disebut dengan pemindahan
penduduk atau perbaikan batasan. Orang-orang di penjara bertahun-tahun tanpa
persidangan, atau ditembak di belakang leher atau dikirim agar mati oleh
penyakit beri-beri ke perkemahan kayu Arctic; ini disebut dengan penghilangan
orang-orang yang tidak handal. Seperti halnya freseologi (ilmu ungkap bahasa)
yangdibutuhkan jika seseorang ingin member nama benda tanpa melihat gmbaran
mental mereka.
Bahasa politik……dirancang untuk membohongi
kebenaran dan membunuh hal yang dihormati dan memberi sebuah rupa kerasnya
angin murni.
Administrasi public adalah keseluruhan
aktifitas pekerjaan sehari-hari semua dunia birokrat; apakah mereka sah atau
tidak sah, mahir atau tidak mahir, patut atau hina. Ilmuwan Inggris, J.B.S.
Haldene menulis bahwa alam tidaklah lebih aneh daripada yang kita duga tetapi
lebih aneh dari apa yang bisa kita duga. Sesuatu banyak yang sama dengan
administrasi public. Hal itu tidak hanya jauh sangat luas dari apa yang diduga
oleh kebanyakan orang tapi juga meluas dan menyeluruh dalam kehidupan modern
bahkan hal yang tidak bisa kita bayangkan.
Administrasi public adalah langsung dan tidak
lansung.
Lansung ketika pegawai pemerintah
menghasilkan beberapa layanan umum yang berfariasi seperti: menggadaikan
asuransi, pengiriman surat dan listrik. Sedangkan tidak lansung ketika
pemerintah membayar kontraktor swasta untuk menyediakan benda atau layanan
untuk penduduk. Contohnya, NASA mengoperasikan pesawat angkasa ulang alik,
tetapi pesawat angkasa tersebut dibangun oleh perseroan pribadi. Satpam dan
staf pembersih gedung pemerintah pegawai perusahaan swasta. Apakah hal ini berarti
meletakkan mereka di luar bidang administrasi umum? Tidak semua. Ingat bahwa
agen pemerintah harus menggaji, mengevaluasi dan memegang semua pegawai dan
kontraktor yang bertanggung jawab pada kualitas penampilan mereka; apakah
mereka pembersih toilet atau membuat roket.
Tabel: 1 sampai 10 tingkatan korupsi
pemerintah
New Zealand 9,55
Denmark 9,32
……….
Pemerintah telah
menggunakan kontraktor swasta sejak dahulu. Tren sekarang ini lebih pada
memperbesar penswastaan fungsi pemerintah, dimana mulai secara menonjol pada
tahun 1980 an selama administrasi Reagan di Amerika dan administrasi Thatcher
di United Kingdom dan sekarang berkembang di seluruh dunia. Tren ini diperkuat
oleh pertumbuhan sector nirlaba yang menerima kebanyakan dananya dari kontrak
pemerintah khususnya layanan –layanan sosial dan penelitian. Tahun 1995, 40
persen dari anggaran lembaga nirlaba swasta menyediakan layanan kemanusiaan
yang diturunkan dari pemerintah. Menurut mantan gubernur New York, Mario
Cuorno, pemerintah mendanai tagihan 2
dari tiap 3 dolar yang dihabiskan oleh badan sosial(amal) Katolik Amerika;
sebuah jaringan nasional dari 1.400 lembaga layanan sosial. Sebagai
perbandingan, kementerian sosial Lutheran memperoleh 54 persen dananya dari
sumber pemerintah, dan bala keselamatan memperoleh 15 persen dari sumber-sumber
lain. Jadi, kita bisa menyimpulkan bahwa swastanisasi semestinya tidak
mengurangi jumlah total dari administrasi umum di dunia, sederhanamya dipaksa
untuk berbeda bentuk.
Administrasi umum
adalah tahapan dalam lingkaran pembuatan kebijaksanaan public.
Pembuatan
kebijaksanaan public tidak pernah berhenti.Pemerintah tidak pernah berhenti
menderita dari masalah yang sama sampai pada apa yang dikemukakan oleh Hamlet
karya Shekespeare, keragu-raguan raja Denmark yang berjuang dengan “ada atau
tidak ada”. Pemerintah dengan harapan yang teguh “lakukan atau tidak lakukan”.
Apapun yang mereka lakukan atau tidak lakukan itu adalah kebijakan publik.
Semua keputusan ini (termasuk keputusan untuk tidak membuat keputusan) dibuat
oleh orang yang mengontrol kekuatan politik dan dilaksanakan oleh pegawai
administratif birokrasi. Jadi, kebijakan public dan administrasi public adalah
dua sisi mata uang yang sama. Yang satu memutuskan dan yang satunya lagi
melaksanakan. Mereka tidak dapat dipisahkan karena satu sisi tidak akan ada
tanpa sisi yang lain. Tetapi karena pembuatan kebijakan adalah proses yang
berkelanjutan, maka itu tidak bisa berujung pada penerapan. Kapanpun pemerintah
melakukan sesuatu, kritik akan selalu menyarankan hal yang lebih baik. umpan
balik ini bisa juga informal, dari penduduk yang mengeluh pada investigasi
jurnalistik atau bisa juga melalui agen atau evaluasi program legislative.
Dalam banyak kasus, keputusan baru haruslah dibuat meskipun jika memutuskan
untuk mencegah untuk membuat keputusan.
Administrasi public
adalah implementasi perhatian public
Perhatian public
adakah label umum dimana pelaku politik membungkus kebijakan dan program yang
mereka anjurkan. Akankah lobi, menejer public, para legislative atau kepala
eksekutif senantiasa mengajukan program yang tidak dalam perhatian public?
Tidak! Karena perhatian/minat umum secara umum diambil untuk makna menerima
benda biasanya, kalimat ini biasanya digunakan untuk kebijakan lebih lanjut
yang sesungguhnya untuk benda biasa dan untuk mengaburkan kebijakan yang
mungkin tidak diterima sebagai benda biasanya. Sebuah bagian sastra bermakna
telah mengembangkan kalimat ini, karena itu merepresentasikan sebuah poin
filsafat yang penting, jika sukses di tentukan bisa menghasilkan arahan yang
bermakna politikus dan semisal administrator public. Walter Lippmann menulis
bahwa perhatian umum mungkin menyangka bahwa laki-laki akan memilih jika mereka
melihat secara jelas, berfikir secara rasional, bertindak secara tanpa pamrih
dan murah hati. Pnglihatan yang jelas dan pikiran yang rasional sudah cukup.
Menemukan pemimpin yang tanpa pamrih dan pemurah adalah hal yang sulit.
Pada awal abad 18,
E. Pendleton Herring menyelidika masalah yang dkemukakan oleh peningkatan dramatis
pada bidang kebijaksanaan administrative pemerintah. Dia menerima bahwa
undang-undang dilalui oleh legislative penting untuk melalui kesepakatan
legislative,karena mereka sering tidak
jelas dan butuh pengertian lebih lanjut. Birokrat yang tidak memenuhi
kewajiban, memiliki tugas memberi detail pengertian pada prinsip umum yang
membentuk Negara oleh undang undang dan peraturan tambahan yang diterbitkan.
Diatas bahu birokratlah hal ini di tumpukan . beban mendamaikan kelompok yang
berbeda dan mengefektifkan dan memfungsikan kesepakatan sosial ekonomi yang
sampai pada proses legislative. Efeknya, hal itu menjadi pekerjaan
administrator yang tak dikenal untuk menentukan perhatian public.
Pembicaraan Herring
mengenai perhatian public dan peranan kritik dimainkan oleh birokrat dan
kelompok perhatian (interest) dalam susunan kebijakan public yang secara benar
mengantisipasi berbagai isu kritik yang
masih bergulat dalam sekolah kebijakan public dan administrasi hari ini.
Herring memiliki suara yang cukup penting dalam pengetahuan politik yang
disebut dengan kelompok teori, sebuah sekolah pemikran yang memandang bahwa
pemerintah sebagai representasi dari kelompok interest yang bermacam-macam dan
merundingkan kebijakan yang muncul pada mereka. menurut Herring, kebanyakan
tugas dasar birokrat menetapkan hubungan pekerjaan dengan interest khusus jadi
focus mereka bisa lebih ditransaksi secara efesien. Peran bahwa Herring akan
memiliki administrator public dimainkan oleh wakil Edmund Burke, seorang wakil
yang melatih pendapat individu dan tidak hanya mengikuti permintaan persis dari
legislative atau mempersepsikan pendapat para pendukung. Di dalam tulisan
klasiknya tahun 1774 “ Berbicara pada pemilih Bristol” Burke menceritakan pada pemilih bahwa
perwakilan kamu adalah hutangmu, tidak hanya industrinya tapi juga keputusannya
dan dia berkhianat dalam melayani kamu, jika dia mengorbankannya demi
pendapatmu. Beberapa orang akan setuju dengan daya tarik penggunaan keputusan
yang bagus ini dalam peningkatan interest public. Bagaimanapun, yang lain juga
akan setuju bahwa grup pialang interest
yang dikemukakan Herring mengadopsi administrator umum pada level tinggi secara
hakiki tidaklah demokratis.
Administrasi
Publik Merupakan Sebuah Peraturan
Merupakan tugas pemerintah untuk
memeberitahukan pada pengusaha dan warga negara apa yang dapat dan tidak dapat
mereka lakukan. Peraturan merupakan salah satu fungsi tertua dari pemerintah.
Undang-undag Hammurabi pada masa Babilonia kuno menyatakan bahwa “para tukang batu
yang membangun sebuah rumah yang akan runtuh dan menghilangkan nyawa
penghuninya seharusnya dihadapkan pada kematian”. Sementara tidak sepenuhnya
sebuah bangunan perundangan modern, meskipun membuktikan sebuah efektifitas
peraturan atas sebuah pemerintahan.
Peraturan modern begitu meresap dan
begitu umum dalam kehidupan sehari-hari dimana kita dapat menyaksikan dan
mematuhinya tanpa berpikir terlebih dahulu. Sebagaimana contoh sederhana di
sebuah restoran McDonald’s saat memesan sebuah hamburger atau sebuah salad.
Anda akan meninggalkan rumah anda atau apartemen anda yang telah dibangun
menurut peraturan pembangunan di daerah anda – peraturan. Anda masuk ke mobil
anda, yang memiliki banyak persyaratan keamanan berdasarkan peraturan
pemerintah federal anda – peraturan. Anda menyetir mobil anda hingga
persimpangan jalan dan berhenti pada saat lampu merah menyala – peraturan.
Didalam restoran McDonald’s, anda melihat stiker pada pintu restoran yang
berasal dari badan kesehatan masyarakat yang mengindikasikan bahwa restoran
tersebut telah diperiksa dan dinyatakan bebas terhadap serangga dan tikus –
peraturan. Pada dinding restoran terdapat sebuah sertifikat yang dibingkai dari
badan kota yang menyatakan bahwa restoran tersebut telah berlisensi untuk
beroperasi sebagai sebuah badan usaha – peraturan. Selanjutnya anda memberi
perintah pada seseorang yang bekerja maksimal namun mendapatkan upah minimal
yang diatur oleh perundangan – peraturan – dimana pengawasnya diminta oleh
Komisi Pekerja Persamaan Kesempatan untuk menjaga wilayah kerja dari pelecehan
seksual – peraturan – dimana komisi tersebut dikurangi gajinya oleh yang
berwenang untuk membayar pajak dan sekuritas sosial – peraturan. Jika setelah
makan anda merasa harus mengunjungi salah satu ruang istirahat, anda akan
menemukan toilet yang dirancang khusus bagi para penyandang cacat – peraturan.
Hidup kita secara terus menerus
diatur oleh peraturan. Kita tidak dapat secara resmi lahir hingga kita memiliki
sertifikat kelahiran – peraturan. Kita harus masuk sekolah pada usia tertentu –
peraturan. Kita tidak dapat memasuki banyak pekerjaan tanpa izin dari negara-
peraturan. Dan pada akhirnya, kita tidak dapat dinyatakan secara resmi
meninggal dunia tanpa sertifikat kematian – peraturan. Dan semua itu tak
berhenti disini saja. Kita hanya boleh dikuburkan di tanah yang disetujui
pemerintah dan tanah tersebut harus dibayar pajaknya – peraturan.
Sebagai sebuah peraturan yang
sepintas lalu, lebih ramai dan lebih berkembang secara ekonomis sebuah tempat,
maka lebih banyak peraturannya. Masyarakat membutuhkan peraturan sehingga
masyarakat lebih berhati-hati dalam berkendara, lebih berhati-hati tinggal di
sebuah rumah yang akan roboh atau memakan makan beracun. Karena hal-hal
tersebut merupakan masalah yang umum terjadi sebelum peraturan pemerintah
diberlakukan.
Administrasi
Publik Merupakan Hadiah dari Sang Raja
Segala hal baik, pelayanan dan
penghargaan dilimpahkan oleh otoritas yang berwenang. Ini merupakan pengertian
paling awal dari administrasi publik. Sejak segala hal dimiliki oleh raja,
apapun itu dilimpahkan pada para bangsawan dan petani merupakan sebuah hadiah.
Dalam dunia yang lebih modern, versi administrasi publik seperti diatas bisa
dilihat dalam kerajaan tradisional dan kediktatoran dimana rumah sakit, sekolah,
taman dan sebagainya dianggap sebagai sesuatu yang diberikan oleh bangsawan
pada masyarakat yang tahu berterima kasih. Tanda-tanda terakhir “hadiah dari
raja” ini didalam pemerintahan yang representatif dapat dilihat pada piagam
yang seringkali dipasang di bangunan umum dan jembatan-jembatan yang menandai
bahwa gedung tersebut dibangun spanjang masa jabatan Mayor Smith atau Gubernur
Jones. Tentu saja, kapanpun pemerintahan representatif melakukan korupsi,
largesse sebagai sebuah model operasi dari administrasi publik akan menekankan
dirinya kembali. Selanjutnya warga negara mungkin hanya mendapatkan pelayanan
publik seperti perlindungan polisi dan kesejahteraan jika mereka dirasa pantas
mendapatkannya dimata pemerintah.
Mesin politik kota besar tradisional
berlangsung hanya sepanjang terdapat hadiah sang raja tersebut didistribusikan.
Sebagai contoh, di Cambridge, Massachusetts, sepanjang Depresi Besar, daerah
pemiihan partai Demokrat berwenang mendistribusikan sekitar 50 “kancing salju”
tiap kali badai salju datang. Tiap kancing bertanda pemilik yang membersihkan
menyodok salju dari jalanan kota. Hal ini merupakan hadiah yang cukup
bermanfaat bagi para pengangguran di tiap wilayah pemilihan. Sementara tentu
saja pada tingkatan rendah langganan makanan, hadiah ini membawa kesetiaan
petugas daerah pemilihan yang dapat diterjemahkan sebagai suara untuk partai.
Kancing salju merupakan barang peninggalan masa lalu. Begitu juga mesin politik
karena keuntungan kesejahteraannya sebagai sebuah masalah hak telah membuatnya
berlebihan dan tak berguna.
Administrasi
Publik Merupakan Pencurian
Ada orang-orang yang percaya bahwa
pemerintah harus melakukan sedikit lebih banyak daripada polisi dan
perlindungan militer, lain daripada itu, pemerintah seharusnya tidak ikut campur
kehidupan rakyatnya. Seorang intelektual Ayn Rand, filsuf objektifisme yang
menyerang ide kesejahteraan negara sebagai tak memiliki jati diri dan
perjuangan bagi kebaikan umum dalam novel seperti The Fountainhead (1943) dan
Atlas Shrugged (1957). Dalam tulisannya Capitalisam: The Unknown Ideal (1966)
ia menulis: “fungsi paling tepat sebuah pemerintahan dari sebuah negara yang
bebas adalah bertindak sebagai agen yang melindungi hak-hak individu, yang
melindungi individu dari kekerasan fisik.” Reaksi diatas merupakan sebuah
bentuk ekstrim dari konservatisme. Politik konservatif sering kali ditemukan
diantara orang-orang yang memilki (atau berpotensi memiliki) kekayaan dan
properti. Mereka secara alamiah berubah, karena mereka memiliki sesuatu untuk
dihilangkan. Seorang ahli ekonomi John Kenneth Galbraith menawarkan sebuah
analisis kuantitatif singkat mengenai fenomena tersebut:”Hal ini merupakan
masalah sederhana aritmatika yang mengubah secara ekonomi seorang pria yang
memiliki sesuatu: hal ini tidak berlaku pada pria yang tidak memiliki apa-apa.
Secara berkelanjutan konservatif
takut pada kebijakan publik yang melibatkan pendistribusian kembali kebijakan
domestik dan program-program yang bertujuan mengangkat kekayaan atau keuntungan
dari satu segmen populasi ke segmen lainnya. Kesejahteraan negara dibangun
diatas ide pendistribusian kembali ini. Mekanisme dasar pendistribusian adalah
perpajakan. Jelasnya, redistribusi lebih populer dalam suatu kelas sosial
dibanding kelas sosial lainnya. Sebagaimana ditulis Alexis de Tocqueville pada
1835: ...”Negara...ketika para pembuat undang-undanf jatuh dengan ekslusif
kedalam banyaknya masyarakat miskin yang tidak dapat berharap banyak pada
ekonomi dalam pengeluaran publik, pengeluaran selalu dipertimbangkan, baik karena
pajak tidak dapat menyentuh orang-orang yang memilih mereka atau karena mereka
menilainya untuk mencegah membayar pajak.” Penyair George Bernard Shaw dengan
ringkas menyatakan: “pemerintah yang merampok Peter untuk membayar Paul akan
selalu tergantung pada sokongan Paul”.
Dan siapakah kepala perampok
pemerintah dalam permainan Robin Hood ini? Tak satupun selain administrator
publik daerah lokal anda! Itulah kenapa begitu banyak warga negara dengan aset
mereka yang berisiko dicuri menggarisbawahi jabatan administrator publik. Hal
ini merupakan pepatah yang legal bahwa peraturan pemerintah yang bertindak
terlalu jauh jumlahnya dalam sebuah pencurian. Perilaku konservatif ini cukup
sama dengan isu yang terjadi 1851 oleh seorang anarkis Pierre Joseph Prondhon
yang melawan pemerintah: “Diperintah artinya diawasi, diperiksa, dimata-matai,
diarahkan, diatur, diadili, didoktrin, dikontrol, disensor, diperintah, oleh
orang-orang yang tidak memiliki hak dan juga tidak memiliki pengetahuan yang
baik. “
Proudhon salah pada paling tidak
satu hal. Administrator publik memiliki hak dibawah undang-undang dan hukum
untuk melakukakn apa yang akan mereka lakukan seharusnya. Pengecualian besar
pada hal ini muncul ketika mereka melewati garis dari metafor pencurian sebenarnya.
Seperti tokoh fiksi British agen rahasia James Bond yang memiliki izin untuk
membunuh pekerja pemerintah di beberapa daerah menganggap pekerjaan mereka
sebagai izin untuk mencuri – biasanya dilakukan dengan mengumpulkan uang
sogokan. Hal ini sangat umum dilakukan di negara berkembang dimana birokrat
tidak dibayar dengan upah yang masuk akal dan hampir tidak mempunyai pilihan
selain melakukan korupsi.
Definisi
Manajerial Administrasi Publik
Administrasi publik memiliki cabang
manajemen dimana banyak sekolah tinggi manajemen yang dibagi kedalam program
publik dan pribadi
Administrasi
Publik Merupakan Fungsi Eksekutif dalam Pemerintahan
Dalam negara demokratis, baik
republik maupun monarki konstitusional, merupakan tugas badan pemerintah
meletakkan keinginan masyarakat kedalam legislasi praktis. Menurut Alexander
Hamilton dalam The Federalist No. 72: “Administrasi pemerintah...dalam
kebiasaannya, dan mungkin kepentingan utamanya...sangat terbatas dalam detail
eksekutif dan secara khusus jatuh dalam departemen eksektuif atau provinsi. “
Pada rezim diktator badan yang sama melakukan penawaran terhadap orang-orang
yang memiliki kekuatan. Tapi prosesnya jauh lebih interaktif dan dinamis
daripada diagram kekuatan yang disarankan.
Administrasi
Publik Merupakan Sebuah Manajemen Khusus.
Manajemen mengacu pada orang-orang
yang bertanggung jawab dalam menjalankan sebuah organisasi dan orang yang
menjalankan proses itu sendiri- penggunaan banyak sumber (manusia dan mesin)
untuk mencapai tujuan organisasi. Manajer utama membuat keputusan besar dan
bertanggung jawab secara umum terhadap sukses organisasi. Dalam pemerintahan
manajer utama selalu dipegang oleh pemimpin politik masyarakat yang mendapatkan
kekuatan dari pemilihan, persetujuan, atau kudeta. Ketika seorang presiden baru
memasuki ruang kantornya di Amerika Serikat, ia mungkin orang yang ditunjuk
menyelesaikan tiga ribu pekerjaan sebagai manajer utama yang bertanggung jawab
pada pelaksanaan kebijakan. Orang yang diangkat tersebut, selain berfungsi
sebagai manajer utama dengan tanggung jawab manajemen yang sangat penting,
jarang sekali seorang manajer profesional dan sangat jarang menganggap diri
mereka seorang ahli manajemen. Mereka lebih cenderung menjadi seorang kawan
lama yang sederhana, seorang pengikut setia partai politik, kontributor
kampanye, dan perwakilan kelompok.
Administrasi
Publik Layaknya Mickey Mouse
Tokoh kartun innocent ini telah
meminjamkan namanya sebagai sebuah istilah peyoratif bagi banyak aspek dalam
administrasi pemerintah. Ketika tikus terkenal milik Walt Disney ini populer
pada tahun 1930an, ia muncul dalam berabagai kartun pendek yang menceritakan
bahwa ia membangun sesuatu (rumah atau perahu) yang kemudian akan rusak, atau
umumnya mendapatkan banyak masalah. Jadi Mickey lambat laun menyumbangkan
namanya pada apapun yang meminta upaya dengan hasil minim, termasuk banyaknya
persyaratan Mickey Tikus dalam birokrasi. Istilah ini juga diberikan pada
kebijakan atau peraturan yang dirasa tak terlalu dibutuhkan, bodoh,
mengada-ada, atau menyakitkan. Contohnya, Presiden Robald Reagan menggunakan
istilah ini untuk akibat yang baik saat ia komplain pada 1982, dimana ia
menyatakan: program pemerintah Amerika Serikat dalam kedatangan anggaran
merupakan penyusunan anggaran Mickey Mouse yang sangat tidak bertanggung jawab
bahwa setiap badan pemerintah telah mempraktekkan.”
Administrasi
Publik Merupakan Seni, Bukan Sains atau Sebaliknya
Sebagian orang memiliki bakat dalam
administrasi. Kita telah berjumpa dengan para administrator alamiah. Mereka
tidak hanya terus menerus terorganisir tapi memiliki ketangkasan untuk membuat
orang-orang bekerja bersama dalam harmoni. Seni administrasi merupakan
pendapat, dan pandangan umum. Tapi seorang seniman tidak berdaya tanpa alat –
tanpa skill teknis yang mengijinkan intisari dan pemindahan informasi. Tak ada
yang lebih tak berguna daripada berpendapat apakah praktik administrasi publik
lebih dari sekedar seni dan sains. Tentu saja, lebih banyak sains yang anda
kuasai, maka anda akan jadi seniman yang lebih baik lagi. Tapi “buku panduan”
tidak akan membuat anda menjadi seorang seniman jika anda tidak memiliki sebuah
elemen bakat pada tempat pertama.
Pada awal Perang Dingin di Amerika,
Henry Wager Halleck mungkin orang dari utara yang paling tahu seni dan ilmu
berperang. Bukunya, Elements of Military Arts and Science, dan terjemahan
teks-teks militer asing digunakan di West Point tempat ia mengajar. Pria yang
diberi gelar “old Brains” ini sangat banyak diharapkan saat ia diberi tugas
lapangan. Tapi saat ia mengetahui semua sains, ia tidak memiliki seni menjadi
seorang komandan dalam pertempuran yang sesungguhnya. Walaupun ia akhirnya
menjadi Kepala Staf Angkatan Darat Amerika, ia bukanlah termasuk dalam daftar
jenderal-jenderal besar. Sebaliknya, Ulysses S.Grant , jenderal yang
memenangkan Perang Dingin, mengindahkan buku taktik perang dan menyatakan “tak
lebih dari pendapat umum” Ia menulis dalam memoarnya pada 1885 bahwa ia tidak
mempercayai para staf kantornya “Saya telah menemukan bahwa saya tidak pernah
mempelajari taktik yang saya gunakan”.
Jadi, yang mana yang anda sukai?
“Old Brains” Halleck, dengan begitu banyak sains tapi tanpa seni, sangat bagus
dalam pekerjaan kantor tapi tak mampu memberi komando? Atau Grant, dengan
begitu banyak seni tapi tanpa sains. Hanya karena anda seorang master atau
doktor di bidang administrasi publik atau bidang yang berhubungan, bukan
berarti anda mampu berfungsi sebagai administrator tingkat tinggi. Memiliki
pendidikan yang tinggi tidak selalu sama dengan kemampuan menjadi profesional.
Jika tujuan anda menjadi seorang manajer kota atau administrator agensi, anda
boleh menghindari pekerjaan kantoran. Keluarlah dari sana dan lakukan sesuatu.
Perlahan buktikan dengan pekerjaan yang meningkat dan bertanggung jawab, anda
adalah seorang seniman, anda dapat mengatasi kekacauan administrasi.
Definisi
Jabatan Administrasi Publik
Salah satu hal menyenangkan dalam
jabatan pelayanan publik adalah kesempatan yang banyak untuk berpartisipasi
dalam menganalisa dan mengevaluasi program-program publik.
Administrasi
Publik Merupakan Sebuah Kategori Jabatan
Apapun pekerja publik di belahan
dunia lakukan, berkisar dari pembedahan otak hingga penyapu jalan. Kebanyakan
orang dalam kategori jabatan ini bahkan tidak berpikir bahwa mereka adalah
administrator publik. Mereka ditandai dengan profesi khusus mereka (teknisi,
atau arsitek) dan perdagangan (tukang kayu, tukang listrik, atau tukang pipa).
Sementara benar bahwa mereka mungkin bukan administrator seperti manajer,
mereka paling tidak baik disadari atau tidak, melayani masyarakat. Pada 1996
Amerika Serikat memiliki lebih dari 18 juta pekerja sipil untuk negara, lokal
dan pemerintahan federal. Dan hanya
bagian terkecil dari mereka yang dianggap sebagai administrasi publik. Mereka
memeandang diri mereka sesederhana petugas polisi, pekerja sosial, atau polisi
hutan, tapi mereka juga tidak bisa dipungkiri sebagai administrator publik.
Administrasi
Publik Merupakan Kontes Mengarang
Orang-orang yang berkarir dibidang
birokrasi cenderung naik atau turun tergantung pada seberapa baik mereka
menulis. Merupakan sebuah legenda yang tak dapat disangkal di Departemen Negara
AS bahwa tak seorangpun yang hebat dalam penulisan, menulis memo mereka
sendiri. Jika anda dianggap berbakat, bos anda akan menginginkan anda untuk
menuliskannya memo. Karena anda terlalu sibuk menulis memo bos anda, maka anda
membutuhkan seorang junior yang berbakat untuk menuliskan memo anda. Saat bos
anda mendapatkan pekerjaan baru, anda akan mendapatkan promosi yang sesuai. Dan
tentu saja anda membawa serta orang yang menulis untuk anda. Skill presentasi
oral juga penting, tapi sejak lebih banyak orang bisa berbicara daripada menulis,
maka menulis lebih meyakinkan dalam menentukan ide siapa yang lebih baik.
Seluruh organisasi menghormati orang yang mampu menulis dalam tekanan. Orang
inilah yang akan naik saat kesempatan penting datang. Itulah kenapa
administrasi publik merupakan kontes mengarang, karena reputasi menulis anda
menciptakan persona administratif anda sebagai pemenang atau pecundang.
Administrasi
Publik Merupakan Idealisme dalam Tindakan
Banyak orang memasuki karir
pelayanan publik karena mereka seorang idealis, mereka percaya dan mencari
prinsip mulia. “mulia” merupakan kata kunci disini karena secara tradisional
kemuliaan memiliki kewajiban pelayanan publik. Mereka merupakan kelas ksatria,
jadi itu adalah tugas mereka untuk melindungi yang lemah dan kurang beruntung. Perlahan,
tugas mereka berkembang dari urusan militer ke masalah publik. Pelayanan
pemerintah tingkat tinggi saat ini juga terbuka bagi mereka yang lahir dengan
bakat tapi tidak memiliki uang atau koneksi.
Idealisme membawa orang kedalam
administrasi publik karena hal itu menawarkan mereka hal-hal menguntungkan
untuk hidup mereka. Idealisme berhubungan dengan administrasi publik berjalan
jauh diluar individu. Tujuannya yaitu sebuah bangunan mistik “sebuah kota
diatas bukit”, sebuah komunitas politik ideal yang sesuai bagi orang lain untuk
diteliti sebagai sebuah contoh. Sangat ganjil terasa bagaimana para idealis
dalam pemerintahan yang hanya menginginkan yang terbaik bagi para warga negara
dianggap tak lebih baik dari pencuri dan sampah masyarakat oleh orang lain.
Banyak orang yang mencari karir pada pelayanan publik percaya bahwa pemerintah
merupakan kendaraan yang berlegitimasi dalam menyelesaikan masalah sosial, dan
mereka ingin mengendarai kendaraan tersebut saat masalah telah terselesaikan.
Hal apa yang anda dapatkan jika anda tidak senang melakukan sesuatu? Sikap ini
sama dengan yang ditunjukkan penakluk dari Spanyol pada abad ke-16 Bernal Diaz
del Castillo.
Administrasi
Publik Merupakan Bidang akademik
Hal ini merupakan studi seni dan
sains dari manajemen yang diaplikasikan pada sektor publik. Namun secara
tradisional ia berada jauh diluar perhatian manajemen sebagai subjek masalah
politik, sosial, budaya dan lingkungan yang resmi yang mempengaruhi jalannya
institusi publik. Sebagai sebuah bidang ilmu, telah menjadi sifat lintas
disiplin ilmu karena ia menunjuk pada banyak bidang seperti sains politik,
sosiologi, administrasi bisni, psikologi, hukum, antropologi, pengobatan,
kehutanan, dan lain-lain. Tentu saja, hal ini dianggap bahwa karena administrasi
publik meminjam begitu banyak bidang lapangan , sehingga yang tinggal sebagai
inti sangat berguna menjadi sebuah akademik yang terlegitimasi. Administrasi publik Amerika sebagai sebuah
bidang studi secara tradisional berasal dari sebuah artikel di tahun 1887
Political Science Quarterly oleh Woodrow
Wilson. Dalam “The Study of Administration” Wilson mencoba tak lebih dari
menfokuskan kembali pada bidang yang baru muncul dari ilmu politik. Daripada
menaruh perhatian pada “kebijaksanaan politik yang bertahan maksimal”, ia
menganggap bahwa ilmu politik seharusnya terpusat pada hal yang lebih detail
pada bagaimana pemerintah di-administrasi-kan. Wilson ingin bidang ilmu
administrasi publik memfokuskan tidak hanya pada masalah personel manajemen,
sebagaimana banyak para reformis pada waktu itu berpendapat, namun juga pada
organisasi dan manajemen secara umum. Gerakan reformasi pada saat itu memiliki
agenda reformasi yang tidak berjalan diluar penghapusan sistem pembasmi dan
pemasangan sistem manfaat. Wilson menganggap reformasi pelayanan sipil
sebagai “ pendahulu sebuah pemenuhan
reformasi administrasi”.
Dalam essaynya, Wilson juga
memproklamirkan keberadaan sebuah perbedaan besar antara politik dan
administrasi. Hal ini merupakan hal umum dan taktik politik yang dibutuhkan
oleh pergerakan reformasi karena pendapat bahwa perjanjian publik seharusnya
berdasarkan kecocokan dan kepantasan, daripada hanya aspek partisan, perlu
ditegaskan bahwa “politik” berada diluar pelayanan publik. Sebagaimana
dinyatakan Wilson “Walaupun politik mengatur tugas-tugas administrasi,
seharusnya ia tidak memanipulasi badannya.” Dalam memperkuat apa yang dikenal
dengan “dikotomi politik administrasi” Wilson sangat mengacu pada politik
“partisan”. Sementara seluk beluk hal ini hilang entah kemana, tema utama
Wilson – dimana administrasi publik seharusnya didasari oleh sebuah ilmu
manajemen dan terpisah dari politik tradisional – jatuh pada lapangan
intelektual yang murni. Ide ini selanjutnya menjadi dogma dalam akademik
administrasi publik.
Namun, jika Wilson tidak menjadi
presiden, artikelnya akan dilanjutkan untuk menikmati ketidak jelasannya yang
panjang lebar dan bertele-tele. Pengaruh penting artikel tersebut hanya terasa
setelah Perang Dunia ke II – lebih dari setengah abad setelah diterbitkan. Ahli
sejarah administrasi Paul van Riper menemukan bahwa tak satupun pelajar
administrasi publik awal, sebaya dengan Wilson, mengambil artikel sebagai
referensi kerja mereka. Pada kenyataannya, setiap hubungan antara essay Wilson
dan perkembangan ke depan disiplin ilmu administrasi ternyata hanya khayalan!
Sebuah pemeriksaan pekerjaan politik dan sosial pada masa antara 1890 dan
Perang Dunia I menunjukkan tidak adanya referensi pada essay Wilson. Jadi
bagaimana hal itu ditemukan lagi dan menjadi bacaan wajib bergenarasi kedepan?
Menurut analisis sejarah oleh Daniel W. Martin “Jawaban sederhana...merupakan
cetakan ulang artikel Wilson pada Desember 1941 Political Science Quarterly.
Itu adalah karya besar dalam bidang hubungan publik, lengkap dengan sebuah
salinan surat kepatuhan Wilson.”
Sementara Woodrow Wilson dan banyak
para penggerak progresif lainnya yang disebut dengan “sains administrasi”
bidang intelektual baru muncul tanpa bentuk. Sulit untuk melacak momen yang
tepat dari konsep mereka. Salah satu yang pasti yaitu teks administrasi publik
Amerika pertama adalah Introduction to the Study of Public Administration oleh
Leonard White, yang diterbitkan pada 1926.
Sementara Woodrow Wilson memberikan
dasar pemikiran bagi administrasi publik menjadi sebuah disiplin akademik dan
manajemen khusus profesional, hal ini berarti bagi White pada hal yang paling
jelas artikulasinya yaitu objektif awalnya. Dalam teks pelopornya, ia mencatat
empat asumsi penting yang membentuk dasar bagi studi administrasi publik yaitu:
- Administrasi merupakan sebuah proses tunggal yang dapat dipelajari secara seragam, di wilayah federal, negara dan tingkatan lokal.
- Dasar dari studi ini adalah manajemen, bukan hukum
- Administrasi masih merupakan sebuah seni namun transformasi idealnya ke bidang sains sangat mungkin terjadi dan memiliki manfaat yang besar
- Administrasi telah menjadi , dan akan berlanjut menjadi pusat masalah pemerintahan modern.
Teks milik White sangat luar biasa baik pengaruhnya
selama empat dekade maupun pengendaliannya untuk tidak mengambil sebuah buku
resep tentang administrasi publik. Ia menyatakan bahwa administrasi publik
diatas seluruh bidang studi yang harus tetap dekat dengan kenyataan – yaitu
kenyataan praktisi tak terlatihnya yang masih memiliki kepercayaan besar dalam
seni administrasi. Bahkan lebih menariknya, karyanya menghindari perangkap
potensial dari dikotomi politik administrasi. Menyatakan bahwa administrasi
publik sebagai penekanan terhadap fase manajerial, ia tidak dapat menjawab”
pertanyaan pada hal apa administrasi berpartisipasi dalam memformulasikan
tujuan negara”.
Sebagai sebuah bidang akademik yang
independen, administrasi publik selalu kontroversial. Pertama, ia merupakan
anak tiri dari ilmu politik. Dan pada banyak kampus, bidang ini masih diwakili oleh beberapa mata kuliah dalam
kurikulum ilmu politik. Selanjutnya, sekolah bisnis dan manajemen mulai
menawarkan diri sebagai salah satu bidang khusus administrasi. Pada dekade
dewasa ini, departemen yang independen dan sekolah tinggi administrasi publik
telah diciptakan. Tapi seperti bidang administrasi publikelemen konstituennya
secara intelektual mulai menghilang. Analis kebijakan publik secara meningkat
mengidentifikasi dengan kekakuan matematis metodologis ilmu politik. Keuangan
publik telah diklaim oleh ahli-ahli ekonomi. Elemen manajemen inti telah
dialihkan kearah manajemen publik. Secara meningkat bidang tersebut bukan
seperti sebuah disiplin ilmu daripada sebuah perusahaan untuk komponen
intelektual yang terpisah. Pada 1975 Dwight Waldo menyatakan bahwa administrasi
publik menderita oleh krisis identitas, secara besar-besaran memperluas
sekelilingnya tanpa menciptakan sebuah pusat penyatuan. Sperempat abad
kemudian, krisis ini menunjukkan tidak adanya tanda akan reda.
Dalam menjawab pertanyaan apakah
administrasi publik merupakan sebuah bidang akademik yang terlegitimasi?
Orang-orang yang jujur dengan pandangan berbeda akan berargumen pro dan kontra.
Kita sepakat dengan Waldo dan menegaskan bahwa apapun masalahnya dengan
kesatuan, administrasi publik merupakan sebuah bidang legitimasi yang paling
ditentukan. Kita juga menyatakan bahwa pertumbuhan dan kelincahan
elemen-elemennya baik secara sehat maupun secara intelektual sangat
menyegarkan. Sebuah bidang akademik tanpa kontroversi harus mundur.
Administrasi
Publik Merupakan Sebuah Profesi
Hal ini merupakan aplikasi dari
keunikan seni dan sains pada masalah masyarakat. Tapi apakah sebuah profesi
seperti hukum, kesehatan, permesinan, atau arsitektur? Masalah pada status
administrasi publik sebagai sebuah profesi bisa dibuat dengan mengaplikasikan
tes profesionalisme. Apakah ia memiliki tiga ciri umum profesi tradisional:
- Sebuah badan akademik dan praktik pengetahuan yang diaplikasikan pada pelayanan masyarakat.
- Sebuah standar sukses secara teoritis yang diukur dengan pelayanan kebutuhan masyarakat dibanding mencari pendapatan pribadi saja
- Sistem kontrol praktik profesional yang mengatur pendidikan anggota-anggota baru dan menjaga baik kode etik maupun sanksi yang sesuai.
Administrasi publik banyak
menjumpai tiga kriteria diatas walaupun tidak seperti hukum atau kesehatan, ia
tidak dapat mengontrol masukan untuk praktik melalui lisensi dan pemeriksaan.
Namun, administrasi publik bertindak seperti profesi yang dibangun lama ini
dengan cara membangkitkan bidang spesialisasi yang berbeda untuk mengatasi
masalah dan mempersiapkan praktisi baru. Sementara administrasi publik bukan
sebuah ilmu sosial murni, namun ia sama dengan bidang studi yang lebih
tradisional. Mungkin lebih seimbang. Profesional asli masyarakat merasa seperti
pendeta karena berprofesi dengan menggunakan kata Tuhan. Sebagian orang akan
bertanya kenapa, karena Tuhan telah memanggil mereka. Administrasi publik
dengan ide idealinya “sebuah kota diatas
bukit” yang bahkan lebih dekat pada konsep asli profesionalisme agama daripada
banyak profesi lainnya saat ini.
EVOLUSI
ADMINISTRASI PUBLIK
Tidak ada hal yang ditentukan lebih
dahulu tentang diskusi definisi. Hal ini merupakan produk dari pengalaman hidup
pengarang. Mungkin telah tertulis secara radikal dalam ruang berbeda dan
diselesaikan secara esensial dalam tugas yang sama. Kesamaannya, administrasi
publik sendiri tidak harus muncul dengan sendirinya. Seperti tiap proses
evolusi apapun, terdapat kemungkinan jumlah kemungkinan tak terbatas. Seorang
ahli biologi Stephen Jay Gould dalam bukunya tentang Burgess Shale, sebuah
fosil yang kaya dengan batu kapur di Pegunungan Rocky Kanada, menunjukkan
bagaimana hewan berevolusi memiliki angka mulai dan berhenti. Menurut Gould,
tidak terdapat penghalang yang memberi bukti pada Burgess seperti yang diketahu
saat ini, yang terbukti sangat ganjil” bahwa makhluk vertebrata dari munculnya
manusia akan terus bertahan hidup. Hal yang paling mengganggu adalah seleksi
alam, yang menurut Gould, merupakan proses acak alam terhadapnya- yang
menyebabkan banyak sejarah evolusi seperti bermain lotere.
Begitu juga yang terjadi dengan
administrasi publik. Institusi administrasi yang kita lihat sekarang ini sangat
berbeda. Bagaimana manusia belajar mendekati praktik dan definisi administrasi
publik dapat dengan mudah terjadi perubahan yang mengejutkan. Contohnya, jika
orang Yunani menyatakan bahwa administrasi merupakan manajemen rumah pada skala
yang lebih luas, mereka mungkin mengembangkannya sebagai jabatan untuk wanita.
Dan hal itu juga mungkin disalin oleh orang Roma yang mengadopsi banyak sekali
budaya dan ilmu dari Yunani. Jika dunia klasik mengembangkan ide bahwa pria
hanya cocok berperang dan pekerjaan fisik, wanita mungkin akan muncul sebagai
sebuah manfaat matrilinieal administrastif.
Lebih dari dua ribu tahun dan
memasuki abad ke dua puluh, orang kasim – pria yang dikebiri – merupakan
pilihan administrator publik. Kenapa? Karena bagian tubuh mereka yang hilang
berarti bahwa mereka dapat dipercaya – pertama dengan istri dan para selir,
kedua dengan administrator lainnya. Orang kasim membuktikan keefektifitasan
mereka dan kesetiaan mereka sebagai administrator. Sebagai budak yang lama
mengabdi pada suatu keluarga, satu-satunya cara untuk maju yaitu melakukan
pekerjaan dengan baik pada orang yang dapat memperkaya dan melindungi mereka.
Para kasim membentuk sejenis sistem pelayanan sipil. Untuk memasukinya dibatasi
bocah budak dari pinggir kerajaan yang telah dikebiri dari ribuan anak.
Sementara persentase besar mati dalam operasi , yang selamat diletakkan kedalam
pelayanan sebagai kasim pengadilan. Disana mereka dapat membangun jalan mereka
menuju tingkatan tertinggi dari pertanggungjawaban administratif. Para kasim
tumbuh menjadi kelas pelayan yang sangat dipercaya oleh para pemerintah di
Syria kuno, Persia, China, dan Roma. Dalam masa banyaknya nepotisme, mereka
tidak terpengaruh oleh pengaruh tersebut. Sementara Kerajaan Kristen Byzantium
menggunakan orang kasim secara luas dalam pos pemerintahan, Kristen barat tidak
menggunakannya.
Masa terakhir brirokrat tradisional
orang kasim masih dapat disaksikan di kerajaan China dan Kerajaan Ottoman di
awal abad ini. Jadi bagi banyak rekaman sejarah, orang kasim adalah normal
berarti dimana menyatakan mengatur urusan mereka. Keuntungan yang ditawarkan,
kesetiaan yang absolut, dan ketidaktertarikan bukanlah suatun hal yang harus
dicemooh. Untunglah saat ini terdapat cara untuk mendapatkan standar tinggi
etika dalam pemerintahan daripada harus mengirimkan teknisi yang telah dikebiri
ke birokrat-birokrat di Washington, Whitehall dan Kremlin.
Isi
Utama
Bahkan jika administrasi publik
dikembangkan secara radikal dalam garis yang berbeda, hal tersebut harus
menghasilkan dimanakah isi utamanya. Sementara tidak ada persetujuan mendetail
maka terdapat persetujuan umum tentang materi subjek. Jadi semua teks pembuka
administrasi publik memiliki bab yang sama dengan yang berikutnya. Yang berbeda
yaitu metode presentasi. Tapi terdapat hampir perjanjian universal bahwa teori
organisasi , perilaku birokrasi, manajemen personel, keuangan dan anggaran
publik, analisa kebijakan, evaluasi program, dan etika administratif diantara
topik lainnya sangat penting untuk menjadi dasar pemahaman bidang.
Perlu digaris bawahi dibuku
inibahwa administrasi publik tidak dapat secara tepat dimengerti tanpa sebuah
apresiasi atas dinamika politiknya. Seluruh aktor dalam administrasi publik
harus menerima takdir politis mereka – mereka tidak dapat berpura-pura baik
pada diri mereka sendiri maupun pada publik bahwa mereka beroperasi sebagai
rekan sektor publik untuk manajemen industri. Dan sifat politik administrasi
publik harus dihadapi dengan dewasa. Seperti pada langkah pertama dalam
penangkapan orang dengan pengaruh alkohol yaitu mengakui bahwa ia dibawah
pengaruh alkohol dan tidak dapat keluar walaupun ia telah berhenti meminumnya.
Langkah pertama terhadap penempatan operasi administrasi publik pada pijakan
yang lebih realistis adalah untuk manajer publik untuk mengakui bahwa sektor
administrasi publik merupakan sebuah proses politik yang telah melekat.
Administrasi publik meningkatkan
bidang lintas pemerintahan. Namun terlalu banyak teks komprehensif yang
tersedia untuk bagian perkenalan di AS diputuskan secara agama dimana mereka
fokus pada pemerintah nasional. Hal ini merupakan situasi yang tidak layak
ketika disadari bahwa sebuah persentase kecil relatif administrator publik di
Amerika bekerja bagi pemerintah federal. Sementara Amerika Serikat memiliki
satu pemerintah federal, yang memiliki lebih dari 80,000 unit negara, kota
kecil, kota besar, dan pemerintahan lokal yang dipimpin oleh administrator
setingkat gubernur dan semisterius direktur eksekutif sebuah distrik
pengurangan nyamuk. Kebanyakan siswa administrasi publik di AS akan pergi ke
negara atau pemerintahan lokal atau sebuah negara asing yang diharapkan mampu
meningkatkan skill mereka saat pulang kembali ke rumah. Masih orang lain yang
bekerja di perusahaan non profit. Akhir Perang Dingin hanya mendorong sebuah
dunia yang meningkat untuk masyarakay yang terorientasi ka Barat yo . Jadi
sebagai perluasan teks ini memiliki pendekatan penyatuan, cocok bagi seluruh
siswa AS pada semua level (federal, negara dan lokal) tapi generik cukup
nerguna untuk siswa dari negara dan budaya lain.
Kebanyakan isi
dari pembuka administrasi publik dapat diterima secara universal. Terdapat
keberadaan sebuah kesatuan secara keseluruhan (administrasi publik secara umum)
yang lebih besar daripada penambahan bagian-bagiannya (administrasi publik di
masing-masing jurisdiksi). Konsep inti dari pendekatan penyatuan untuk
memperkenalkan administrasi publik menulis material sperti sikap yang bisa
diaplikasika ke sistem politik yang berbeda dalam sistem federal Amerika dan
sepanjang sisa dunia. Tidak ada buku administrasi yang bisa dipahami sekarang
ini jika tidak menyangkut lintas pemerintah dalam cara yang mahal. Figur-figur
administrasi nasional dari presiden dan seterusnya sulit sekali menyusun pidato
besar tentang beberapa referensi mengenai kebijakan pemerintah dan praktiknya
di Asia, Eropa dan lain-lain. Hal ini merupakan bukti paling akhir tentang
betapa pentingnya siswa administrasi publik di Amerika mengembangkan perspektif
intern
Dengan informasi ini,
pembaca rajin akan memiliki jenis konseptual akan memungkinkan mereka untuk
dengan cepat mencerna dan menguasai prosedural dan yang berbeda dengan setiap yurisdiksi
Siklus dari reformasi
administrasi
Para pekerja pelabuhan
philoshopher Hoffer eric menulis bahwa "sifat masyarakat sebagian besar
ditentukan oleh arah di mana bakat dan ambisi aliran-oleh kemiringan lanskap
sosial." Administrasi umum sudah tentu telah miring dalam beberapa dekade
terakhir. Ketika john f. Kennedy pada
tahun 1961 pidato pelantikannya mengatakani Amerika "menanyakan apa yang
dapat Anda lakukan untuk negara " jutaan "menanggapi dengan
bercita-cita untuk layanan publik karir-banyak yang dimungkinkan oleh program
masyarakat besar administrasi Johnson berikutnya. Gelombang ini datang idealis
berhenti dengan tidak populernya perang Vietnam dan skandal Watergate. Dan
ketika Ronald Reagan terpilih dua kali berjalan efektif terhadap birokrasi
federal, menjadi sedikit harapan bagi kebangkitan kepentingan dalam
administrasi publik. Dalam pidato pertama marjinal di tahun 1981, Reagan
menegaskan bahwa "Pemerintah bukanlah solusi untuk masalah kita.
Pemerintah masalah. "Yang ingin bergabung menjadi dari masalah? Pemilu
1992, RUU Clinton sebagai presiden seharusnya memiliki minat baru di
pemerintah. Dalam pidato pelantikannya Clinton menyerukan citizenz untuk
memiliki tetapi "keberanian untuk menemukan kembali Amerika.",
ketidakpercayaan publik yang terus berkembang dari pemerintah, dan pemilihan
umum 1994 jangka menengah yang memberikan kontrol republik kongres untuk
pertama kalinya dalam lebih dari empat dekade dibuat mustahil untuk
administrasi clinton program federal.
Memang itu menciptakan kembali upaya difokuskan pada perampingan birokrasi.
Dalam hal ini ia dan kongres menemukan keumuman -pada prinsipnya jika tidak
dalam semua rincian.
Sejarawan Arthur
Schlesinger telah menegaskan bahwa
Amerika sejarah berfluktuasi dalam siklus 30-tahun antara konservatif (dengan
inisiatif beberapa adminstratif) periode politik. "cenderung reformasi di
negara-negara bersatu untuk datang dalam semburan. Model seratus hari dari franklin d. Roosevelt.
Akhirnya buru-buru inovasi mulai tersedak tubuh politik, yang menuntut waktu
untuk pencernaan. "
Clinton menjadi presiden
hampir 30 tahun setelah Kennedy. Jadi mungkin peningkatan baru-baru ini dalam
program administrasi adalah karena usaha
cliinton untuk echo panggilan Kennedy untuk pelayanan publik, mungkin itu hanya
waktu untuk yang baru "siklus Schlesinger", atau mungkin orang lebih
tertarik pada karier yang menawarkan kepuasan
daripada uang . Tapi sesuatu
terjadi di sisi lain dari spektrum politik yang sama pentingnya. Kaum
republikan dari 1990 dalam tradisi manajerial terbaik, telah berusaha menemukan
kembali pemerintah dalam hal efisiensi
dan lebih banyak bank untuk uang, dan bahkan untuk peran pemerintah dalam masyarakat. Pencarian
mereka untuk redefinisi memiliki implikasi besar-besaran untuk administrasi
publik. The sector yang lebih kecil yang berarti mereka mencari pekerjaan
langsung dalam administrasi publik lebih sedikit pekerjaan langsung dalam
administrasi publik, tetapi yang lebih tidak langsung. Lokus pekerjaan adalah
negara penjaga penjara shift., tetapi lebih penjaga penjara pribadi. Kurang
guru di sekolah umum, tetapi para guru disekolah lebih pribadi. Tapi apakah
pekerjaan secara formal publik atau pura-pura swasta, mereka masih operasi
pelayanan publik, terlepas dari apakah kiri democray pusat atau kaum republiken
pf kanan tengah berlaku, dapat dipastikan bahwa administrasi publik adalah
bidang yang berkembang. Kita hanya pernah tahu jalan mana yang akan tumbuh.
...
0 komentar:
Posting Komentar